Habiskan Rp400 Miliar, Pemprov DKI Akan Bangun 300 Ribu Sumur Resapan Baru
Petugas Dinas Bina Marga mengamati air yang ada di dalam sumur resapan air hujan (Foto: ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Habiskan Rp400 Miliar, Pemprov DKI Akan Bangun 300 Ribu Sumur Resapan Baru

Selasa, 23 Feb 2021 | 11:35 | Anggara Putera Utama

Winnetnews.com -  Pemprov DKI Jakarta berencana akan membangun 300 ribu lebih sumur resapan baru yang ditargetkan mulai dikerjakan pada 2021-2022

"Kalau 2021-2022 rencana kita tinggal 300 ribu titik dengan anggaran Rp400 miliar," kata Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta Juaini di gedung DPRD DKI, Senin (22/2).

Juaini mengungkapkan, saat inini jumlah sumur resapan yang dikelola oleh Dinas SDA adalah sebanyak 2.794 titik. Sementara untuk sumur resapan di bawah dinas lain, ia mengaku tidak mengetahui detil.

Menurutnya, sumur resapan sangat  efektif mengendalikan volume banjir di Jakarta. Oleh karenanya, Juaini menegaskan pembuatan sumur resapan periode 2021-2022 dapat terlaksana dengan cepat.

Pembuatan sumur resapan baru periode 2020 sendiri, Dinas SDA sempat terhambat karena mengalami kendala minimnya vendor.  Pada pekerjaan tahun selanjutnya, 100 vendor siap mengerjakan sumur resapan.

"(Sumur resapan) Sangat efektif, yang selama ini sering terjadi genangan di lokasi itu karena ada sumur resapan seperti yang dibilang seperti di depan kantor Kecamatan Jatinegara, biasa ada genangan di badan jalan itu hilang, lari ke sumur resapan itu," kata Juaini.

Ia menambahkan, lokasi terbanyak sumur resapan ada di lahan aset DKI seperti sekolah negeri, kantor kecamatan, Puskesmas.

"Termasuk di lahan lahan punya taman, kalau di taman kita bisa buat lebar, di badan jalan di pinggir-pinggir jalan itu, separator, kita bisa buat yang lebih luas hingga daya tampungnya juga lebih besar," ucapnya.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...