(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Hadapi MEA, EVERCOSS Perkuat Keterampilan 150 SMK Indonesia di Bidang Device

contributor-one
contributor-one

Hadapi MEA, EVERCOSS Perkuat Keterampilan 150 SMK  Indonesia di Bidang Device
WinNetnews.com - PT Aries Indo Global, produsen smartphone merek EVERCOSS menggelar program DNA Initiative (Device, Network, Application) untuk membangun kemampuan, keterampilan, dan pengalaman di bidang teknologi para Siswa Sekolah Menegnah Kejuruan (SMK) di Indonesia.

Program pembinaan tersebut merupakan salah satu bentuk dukungan EVERCOSS kepada pemerintah dalam rangka menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Para peserta magang diajarkan untuk memiliki potensi tinggi dalam menghadapi persaingan kerja yang semakin ketat.

"Program DNA Initiative ini digelar EVERCOSS untuk para siswa SMK adalah sebagai bagian dari program yang bertujuan untuk membangun kemampuan, keterampilan, dan pengalaman di bidang teknologi. Para siswa yang mengikuti magang ini berlatih untuk mempersiapkan diri memasuki dunia kerja dan memperdalam ilmu pengetahuan sesuai bidang yang diambil,"kata A. Irwan General Manager EVERCOSS di Jakarta, Selasa (19/04).

Menurut Irwan, para peserta magang ditempatkan di bagian Marketing Communication dan Teknis untuk mempelajari design yang ditujukan untuk keperluan promosi perusahaan, sedangkan di bidang teknis para peserta magang mempelajari tools, service dan lebih mengarah pada cara memperbaiki unit handphone. Selain itu para peserta magang diajarkan mengenai integritas dan tanggung jawab di dunia kerja.

“Nantinya para peserta magang ditargetkan untuk bisa merakit dan juga melakukan mobile service. Mereka diharapkan memiliki kemampuan yang mumpuni di bidangnya masing-masing sehingga nantinya ketika mereka selesai magang, mereka memiliki kemampuan yang berkualitas di bidang mobile device,” ujarnya.

Lebih lanjut Irwan mengatakan bahwa program magang ini merupakan program magang device, satu dari bentuk inisiatif yang dilaksanakan DNA INITITATIVE dalam membina sekurang-kurangnya 150 SMK yang berpotensi.

" Setiap sekolah yang tergabung dengan program ini diwajibkan mengirimkan guru dengan program keahlian yang sesuai untuk mengikuti Training of the Trainer (TOT) selama 3 hari dan juga berkomitmen untuk merealisasikan tujuan program DNA Initiative,"katanya.

SMK dapat bergabung dengan DNA INITIATIVE dengan mendaftar langsung di website dna.or.id atau mengirimkan surat pengajuan untuk mengikuti program DNA yang disertai dengan profil sekolah dan dikirimkan melalui email ke [email protected]

Program magang periode kedua ini diikuti oleh 62 siswa yang berasal dari SMKN 2 Guguak, SMK Muhammadiyah 1 Weleri, SMK AL-Falah Tanjung Jaya, SMK Umar Fatah Rembang, SMKN 11 Malang, SMKN NU Ma’arif Kudus, SMK Telkom Sandhy Putra Malang, SMK PGRI 2 Malang, SMKN 5 Malang, SMK Nasional Malang, SMKN 2 Bangkalan, SMKN Purwosari, SMKN 1 Purwosari Bojonegoro, SMKN 2 Singosari Malang, SMKN Takeran, SMKN 1 Bandung, SMK Muhammadiyah 5 Mijen.

Periode pertama magang selesai di awal bulan Mei. Periode kedua mulai tanggal 15 Maret 2016. Selanjutnya nanti setiap 3 bulan akan dibuka periode magang selanjutnya dengan lama magang sekitar 6 bulan.

Program DNA INITIATIVE juga sudah mendapat pengakuan resmi dari Direktorat Pembinaan SMK (PSMK), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, dimana MOU-nya sudah ditandatangani beberapa waktu lalu. 

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});