Hadapi Pilpres 2024, Golkar-PAN-PPP Sepakat Bentuk Koalisi Indonesia Bersatu

Anggara Putera Utama

Dipublikasikan 9 hari yang lalu • Bacaan 1 Menit

Hadapi Pilpres 2024, Golkar-PAN-PPP Sepakat Bentuk Koalisi Indonesia Bersatu
Foto: Dok. Golkar

Winnetnews.com -  Ketua Umum (Ketum) Golkar Airlangga Hartarto, Ketum PAN, Zulkifli Hasan (Zulhas) dan Ketum PPP Suharso sepakat membentuk koalisi bernama Koalisi Indonesia Bersatu untuk menghadapi Pemilu 2024.

Ketua DPP Partai Golkar Ace Hasan Syadzily menjelaskan pembentukan koalisi ini merupakan langkah awal untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat.

"Komitmen kerja sama 3 partai politik, yaitu Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dalam pertemuan tanggal 12 Mei 2022, merupakan langkah awal bagi terbangunnya koalisi bersama partai politik menjelang Pemilu 2024," kata Ace dalam keterangannya, Jumat (13/5).

Ace megungkapkan salah satu alasan membangun Koalisi Indonesia Bersatu adalah karena baik Golkar, PAN, maupun PPP sudah memiliki pengalaman dalam dinamika politik dan pemerintahan

"Ketiga partai politik telah memiliki pengalaman dalam pemerintah dan dalam dinamika politik bangsa. Dengan visi partai yang dimilikinya dan berbagai pengalaman politik, kesemuanya bersepakat untuk menyatukan diri membangun koalisi yang disebut Koalisi Indonesia Bersatu," ujar Ace.

Selain itu, Ace mengatakan Kaolisi Indonesia Bersatu juga tak ingin polarisasi politik yang terjadi dua pilpres sebelumnya kembali terulang. Ia mendorong Pemilu 2024 untuk menjadi ajang kontestasi ide, gagasan, serta prestasi.

"Dua pilpres terakhir menyisakan trauma yang mendalam. Pembelahan sosial, polarisasi yang tidak kunjung sembuh meskipun pemilu sudah usai. Semaraknya politik identitas mewarnai lanskap politik kita," ujarnya

"Kita tidak boleh mengalami atau terjebak pada hal yang sama," tegas Ace.

Share This Story

RELATED ARTICLE

Loading interface...