'Hadiah' Tahun Baru 2020, Turki Tahan 70 Terduga Anggota ISIS
Sejumlah terduga anggota ISIS yang ditangkap kepolisian Turki. [Foto: Irannewsdaily.com]

'Hadiah' Tahun Baru 2020, Turki Tahan 70 Terduga Anggota ISIS

Selasa, 31 Des 2019 | 16:03 | Khalied Malvino

Winnetnews.com -  Kepolisian Turki menangkap  dan menahan 70 terduga anggota ISIS dalam penggerebekan nasional pada Senin (30/12) pagi menjelang perayaan tahun baru, demikian laporan media pemerintah dua bulan setelah pemimpin ISIS Abu Bakr al-Baghdadi tewas.

Mengutip Suara.com, polisi Turki meringkus para milisi pada akhir Desember dalam dua tahun belakangan, sejak Hari Tahun Baru 2017 saat seorang pria bersenjata menewaskan 39 orang di klab malam Istanbul dalam serangan yang diklaim oleh kelompok tersebut.

Polisi anti-teror mengintensifkan kegiatan intelijen dan meluncurkan sejumlah operasi di provinsi tengah Ankara, Kayseri dan Adana serta Batman di tenggara, demikian menurut Kantor Berita Anadolu.

Sekitar 400 polisi diterjunkan dalam operasi jam 5 pagi waktu setempat di Batman pada Senin, menahan 22 orang dalam penggerebekan serentak. Polisi juga menyita senjata, amunisi dan juga dokumen.

“Tiga puluh warga negara Irak, dua warga Suriah dan seorang warga negara Maroko ditangkap di Ankara. Sementara itu, sembilan warga negara Irak yang beroperasi di Suriah dan Irak ditahan di Kayseri, sedangkan empat warga negara Suriah dan dua warga negara Irak lainnya diamankan di Adana,” tambah pihak kepolisian Turki.

Presiden AS Donald Trump mengumumkan pada 27 Oktober bahwa pentolan ISIS Baghdadi tewas dalam penyerbuan oleh pasukan khusus AS di Suriah barat laut dekat perbatasan Turki.

Dua hari berselang, Kepolisian Turki menangkap puluhan tersangka ISIS yang diyakini telah merencanakan sejumlah serangan yang menargetkan perayan Hari Republik Turki. [suara]

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...