Hadir di IMF-World Bank Spring Meeting, Apa Saja Kegiatan Menkeu?

Hadir di IMF-World Bank Spring Meeting, Apa Saja Kegiatan Menkeu?

Sabtu, 23 Apr 2016 | 09:07 | Muchdi

WinNetNews.com - Menteri Keuangan (Menkeu) Bambang Brodjonegoro mewakili Indonesia ikut menghadiri pertemuan IMF-World Bank Spring Meetings di Washington D.C Amerika Serikar pada tanggal 12-18 April 2016 lalu.

Menkeu hadir dalam pertemuan tersebut dalam kapasitas sebagai Ketua Development Committe (DC) dan sebagai bagian persiapan Indonesia sebagai tuan rumah sidang tahunan IMF-WB pada 2018 mendatang.

Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan Suwahasil Nazara mengatakan pertama kali dalam sejarah ada warga Indonesia menjabat jadi Ketua DC.

Menurutnya untuk jadi ketua DC harus melalui proses pemilihan selektif dari banyak kandidat dari negara-negara anggota.

"Ketua DC itu bertugas memberikan masukan dan pertimbangan ke dewan gubernur bank dunia dan IMF mengenai Isu-isu di negara berkembang," katanya dalam sebuah diskusi di kantor Kementerian Keuangan Jakarta, seperti di kutip dari situs Kompas,Jakarta, di tulis Sabtu (23/4/2016).

Suwahasil mengatakan, sebagai Ketua DC Menkeu Bambang memiliki peran sangat krusial dalam memimpin persidangan dan pembahasan agenda DC.

 

Selain memimpin pertemuan DC, Menkeu juga menghadiri pertemuan International Monetary Financial Committee (IMFC) yang membahas isu-isu agenda ekonomi global.

Kegiatan lain yang dihadiri Menkeu bambang antara lain menghadiri pertemuan Para Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral G20 bersama Gubernur Bank Indonesia.

Pertemuan ini membahas pemulihan kondisi ekonomi global yang lambat dan tidak merata, rendahnya harga komoditas dan volatilitas ekonomi global telah memberikan dampak kepada sektor riil.

Sumber dari Kompas Jakarta

Foto: Icha Rastika

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...