Hadiri KTT GNB di Venezuela, Wapres RI akan Bahas Kemerdekaan Palestina

Ahmad Mashudin

Dipublikasikan 6 tahun yang lalu • Bacaan 1 Menit

Hadiri KTT GNB di Venezuela, Wapres RI akan Bahas Kemerdekaan Palestina

WinNetNews.com - Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (JK) akan menghadiri KTT Gerakan Non-Blok (Non-Aligned Movement) ke-17 di Pulau Margarita, Venezuela. Pada forum tersebut JK akan bicara tentang kemerdekaan Palestina.

"Pak JK akan memperjuangkan mengembangkan politik non-blok seperti memperjuangkan nasib Palestina. Kalau Palestina kemungkinan (dibicarakan), karena sebetulnya itu juga hutang negara-negara itu," kata Jubir Wapres Husain Abdullah di Bandara Internasional Simon Bolivar, Caracas, Venezuela, Kamis (15/9/2016).

JK nantinya akan berpidato pada pertemuan tersebut. Setidaknya ada beberapa poin yang akan dibicarakan oleh JK dalam pidatonya nanti.

"Wapres akan bicara posisi Indonesia di tengah tantangan global, kemudian prinsip-prinsip Gerakan Non-Blok, terutama perdamaian dan solidaritas untuk perdamaian, Indonesia juga akan merevitalisasi arah gerakan GNB," sebut Husain.

JK memandang penting untuk Indonesia hadir di KTT GNB. Indonesia merupakan salah satu pemrakarsa Gerakan Non-Blok pada saat masa pemerintahan Presiden pertama RI Sukarno.

Gerakan Non-Blok terlahir ketika adanya perang dingin antara blok barat dengan blok timur. Indonesia dan sejumlah negara lainnya memelopori gerakan yang tak memihak kepada blok mana pun namun tetap aktif.

Pertemuan tingkat kepala negara di KTT GNB akan berlangsung pada Sabtu (17/9). Setelah menghadiri KTT GNB, Wapres JK juga dijadwalkan menghadiri KTT ke-71 PBB di New York, AS.

Share This Story

RELATED ARTICLE

Loading interface...