Hakim MK Mulai Rapat Tertutup, Ini Kunci Kemenangan Prabowo-Sandi
Sumber: ANTARA Foto via alinea.id

Hakim MK Mulai Rapat Tertutup, Ini Kunci Kemenangan Prabowo-Sandi

Senin, 24 Jun 2019 | 13:03 | Sofia Citradewi

Winnetnews.com - Sidang sengketa hasil Pilpres 2019 telah memasuki babak akhir di Rapat Pemufakatan Para Hakim. Dalam sidang tersebut, kubu Prabowo-Sandi sebagai Pemohon, KPU sebagai Termohon dan Kubu Jokowi-Ma'ruf sebagai Pihak Terkait.

Melihat berbagai argumen serta bukti-bukti yang diperlihatkan semua pihak selama persidangan, Pakar Hukum Tata Negara Refly Harun menyarankan apa yang seharusnya menjadi fokus pembuktian bagi kubu Prabowo-Sandi dalam sidang tersebut.

Seperti diwartakan laman teropongsenayan.com (24/6/2019), Refly menilai hal yang sebenarnya harus dibuktikan oleh Tim Hukum Prabowo-Sandi adalah terkait status Ma’ruf Amin serta persoalan penyalahgunaan dana kampanye.

"Ini kan yang jadi persoalannya. Makanya saya bilang, paling mudah itu membuktikan hal-hal yang memang bisa dibuktikan secara paripurna, yaitu status KH Ma"ruf Amin dan kemudian LHKPN, dan dana kampanye," ungkap Refly dalam Dialog: Kuatkah Alat Bukti dan Saksi Kubu Prabowo? di Tv One tanggal (19/6/2019).

Walaupun demikian kata Refly, semua kembali pada pandangan mana yang akan digunakan oleh Hakim MK dalam pemufakatannya. "Hakim MK paradigmanya tetap sama nggak? Kalau tetap sama, tidak ada gunanya juga. Namun ini yang menjadi tugas berat bagi Tim Hukum Prabowo-Sandi untuk dapat meyakinkan mereka,"

Sebelumnya, terkait LHKPN (Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara), Ekonom Harryadin Mahardika menyoroti alibi kesalahan input data transfer dana kampanye yang di sampaikan Luhut Pangaribuan selaku Tim Hukum Paslon 01 di Sidang MK.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...