Hal Ini Bisa Sebabkan Wanita Malas Bercinta

Sofia Citradewi
Sofia Citradewi

Hal Ini Bisa Sebabkan Wanita Malas Bercinta Huffpost

Winnetnews.com - Tidak hanya pria, wanita juga bisa mengalami disfungsi seksual, dalam hal ini malas bercinta. Diketahui ada sekitar 43 persen perempuan di dunia mengalami gangguan seksual macam ini. Yang mengejutkan, sebagian besar dari persentase itu menderita kehilangan libido atau gairah bercinta.

Walaupun gangguan seksual ini tidak menyebabkan sesuatu yang fatal, tapi berdampak pada kualitas kehidupan seksual seseorang yang mengalami penurunan.

Berikut ini beberapa hal yang menjadi penyebab cewek malas bercinta.

1. Dipengaruhi oleh fisik dan emosional

Tubuh yang menderita suatu penyakit kronis atau kondisi fisik yang lemah karena penyakit tertentu bisa jadi penyebabnya.

“Dari faktor fisik, penyakit jantung atau diabetes menyebabkan sexual desire perempuan atau laki-laki berkurang,” kata dokter spesialis kebidanan dan kandungan Rumah Sakit Pondok Indah, Grace Valentine kepada Tempo.

2. Perubahan Hormon

Saat wanita memasuki masa menopause, ada perubahan hormon. Hormon estrogen menurun, ini menyebabkan penipisan dinding vagina dan pelumasan berkurang. Kondisi itu menyebabkan rasa nyeri pada saat melakukan seks.

Apabila dalam kondisi itu frekuensi hubungan intim tinggi, wanita akan mengalami trauma hingga malas melakukannya lagi. Perubahan hormon seperti ini juga terjadi setelah melahirkan.

3. Infeksi pada organ intim wanita

Hal lainnya yang jadi penyebab wanita malas bercinta adalah jika ada infeksi pada organ intim wanita. Ini mencakup hal-hal tidak normal lainnya seperti tumor.

4. Obat-obatan

Grace mengatakan, obat-obatan juga berpengaruh, misalnya antidepresan dan antihipertensi.

“Begitu juga dengan obat lambung seperti dari golongan histamine diketahui dapat menurunkan hasrat seksual,” ujar Grace.

5. Faktor psikis

Meski fisik terlihat baik, belum tentu baik secara psikis atau faktor emosional. Emosional yang tidak stabil, seperti karena bertengkar dengan pasangan atau kelelahan mengurus anak bisa menurunkan hasrat seksual wanita. Kondisi yang lebih berat adalah gangguan cemas dan depresi.

“Kadang-kadang kebosanan dengan rutinitas seksual yang teratur, gerakan yang itu-itu saja. Jadi harus ada variasi,” ungkap Grace.

6. Gaya hidup tidak sehat

Grace menambahkan bahwa gaya hidup tidak sehat seperti merokok, minum alkohol berlebihan, dan kurang mengonsumsi serat adalah hal lain yang juga membuat libido permpuan menurun.

Apa Reaksi Kamu?