Hal Sederhana Ini Bisa Sebabkan Perut Kembung dan Begah

Hal Sederhana Ini Bisa Sebabkan Perut Kembung dan Begah

Jumat, 5 Agt 2016 | 15:15 | Rusmanto
WinNetNews.com - Perut kembung membuat tubuh tak nyaman. Cara makan dan makanan yang kurang tepat bisa menjadi pemicunya.

Apa saja yang bisa sebabkan perut kembang? Menurut delish.com (3/8/16), berikut cara makan yang bisa sebabkan perut kembung dan begah.

1. Makan buah setelah makan berat

image0

Banyak orang yang menyarankan makan buah setelah makan berat. Hal ini merupakan salah satu pola makan yang salah. Menurut Kimberly Snyder, seorang ahli nutrisi, buah memiliki kandungan air yang tinggi, sehingga cepat dicerna. Jika Anda makan buah setelah makan berat, buah akan sulit dicerna dan menyebabkan kembung.

 

2. Tidak minum air putih di pagi hari

image1

Minum air di pagi hari akan membuat perut begah. Snyder yang merupakan ahli nutrisi selebriti Drew Barrymore dan Channing Tatum menyarankan resep ala bintang Hollywood. Minum air hangat dengan campuran lemon. Hal ini baik perut dan melancarkan pencernaan.

 

3. Memakan biji chia kering

image2

Walau biji chia terkenal sehat, tetapi sangat suka air. Jika Anda berniat untuk mencampurkan biji chia kedalam minuman Anda, pastikan biji chia tersebut tidak dalam keadaan kering.

Jika belum mencampurnya dengan air hingga bertekstur seperti jeli, chia yang dikonsumsi akan menyerap air dalam usus yang membuatnya sulit untuk dicerna dan perut jadi kurang nyaman.

 

4. Jarang mengonsumsi makanan sehat

image3

Jika hanya sekali dua kali makan dan minum sehat tentu tidak akan berefek pada kesehatan perut. Snyder mengibaratkan seperti halnya membersihkan rumah. Semakin sering 'membersihkan' tubuh semakin sehat perut.

Tidak harus minum jus sayur atau buah setiap hari, yang terpenting konsumsi serat yang cukup setiap pagi. Atau minum smoothie sehat dari almond, biji chia (yang sudah seperti jeli), madu dan lainnya.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...