Hal Tak Terduga yang Bisa Buat Panjang Umur

Rusmanto
Rusmanto

Hal Tak Terduga yang Bisa Buat Panjang Umur ilustrasi
Winnetnews.com - Setiap orang ingin panjang umur. Hanya saja, banyak orang yang tidak menyiapkan kondisi tubuhnya agar bisa panjang umur dan selalu berada dalam kondisi sehat di usia tua. Beruntung, pakar kesehatan menyebut ada banyak sekali hal yang sebenarnya bisa membantu kita untuk panjang umur.

Berbagai Hal yang Bisa Membantu Panjang Umur

Pakar kesehatan menyebut ada beberapa hal yang harus kita lakukan jika ingin panjang umur dan tetap sehat.

Berikut adalah beberapa di antaranya.

1. Menjaga Gaya Hidup Sehat

Tak hanya menerapkan pola makan yang sehat seperti dengan memperbanyak asupan sayur dan buah-buahan, menurunkan asupan makanan berlemak tidak sehat seperti gorengan dan makanan cepat saji, kita juga sebaiknya mulai rajin berolahraga, mendapatkan waktu tidur yang cukup setiap malam, dan menghindari rokok jika ingin panjang umur.

2. Melatih Otak

Tak hanya harus rajin melakukan olahraga fisik, pakar kesehatan menyebut ada hal lain yang juga harus kita latih agar tetap sehat, bugar, dan panjang umur, yakni otak kita. Hal ini bisa membantu kita mencegah penyakit degeneratif seperti demensia atau alzheimer. Selain itu, fungsi otak yang tetap terjaga juga akan membuat kita tetap aktif dan bugar di usia tua nantinya.

Cobalah untuk rajin membaca buku, mengisi teka-teki silang, bermain catur, dan memainkan berbagai hal lainnya secara rutin demi menjaga kondisi otak agar tetap prima.

3. Memiliki Teman yang Akrab

Jangan salah, memiliki persahabatan yang akrab dengan teman-teman yang kita percaya bisa membuat kita terbebas dari rasa kesepian dan terisolasi. Hal ini bisa menurunkan risiko terkena penyakit jantung dengan signifikan.

Pakar kesehatan menyebut hal ini juga akan membuat kita terhindari dari emosi negatif yang bisa saja menyebabkan peradangan, peningkatan risiko terkena peradangan usus, kanker, diabetes, obesitas, dan penyakit kardiovaskular.

Ada baiknya mereka yang sudah berusia tua atau lanjut juga sering berkomunikasi dengan tetangga, keluarga, atau teman-teman agar tidak merasa kesepian dan menjaga kondisi tubuhnya tetap prima.

Apa Reaksi Kamu?