Halsey Buka Suara Tentang Kesehatan Mentalnya dalam Seri YouTube
Foto: Women's Health

Halsey Buka Suara Tentang Kesehatan Mentalnya dalam Seri YouTube

Sabtu, 23 Mei 2020 | 10:00 | Nurul Faradila

Winnetnews.com -  Halsey belum lama ini secara terbuka membicarakan tentang perjuangannya dalam mengahadapi kesehatan mental, dalam sebuah video seri YouTube. Pelantun ‘Without Me’ ini tampil dalam video Artist Spotlight Stories bersama dengan psikolog Snehi Kapur, sebagai bagian dari Bulan Kesadaran Kesehatan Mental.

Melalui video tersebut, Halsey mengatakan bahwa dirinya ingin membantu para penggemarnya untuk mengerti tentang gangguan bipolar, kondisi yang juga dialaminya saat ia remaja. Dia kemudian meminta Dr Kapur untuk menjelaskan apa yang dimaksud dengan bipolar.

Secara singkat, Dr Kapur menyebut bipolar sebagai “sebuah gangguan suasana hati di mana seseorang memiliki dua tipe fase” – fase rendah dan fase manik.

Halsey menyebutkan orang-orang sering mengatakan, bahwa ia sama sekali tidak terlihat memiliki gangguan mental. “Karena mereka melihat seorang wanita muda yang meraih semua mimpinya,” ujar Halsey.

Dia kemudian menceritakan tentang momen yang dialaminya saat ia berada di ruang psikiater saat remaja dan bagaimana ia belajar untuk mengenali perasaan yang menuntunnya ke sana saat ia tumbuh dewasa.

Dalam kesempatan itu, Halsey juga berbicara tentang presepsi media terkait penyakit mental. Dia mengatakan, bahwa ia melihat media “sangat merayakan penyakit mental saat mereka mendapatkan sesuatu dari itu” layaknya sebuah rekaman.

“Cara mereka dapat mengambil narasi dari mu setelah kamu memilih untuk membagikannya adalah bagian yang paling menakutkan,” ujarnya.

Keduanya, Halsey dan Dr Kapur, kemudian membagikan saran untuk bagaimana menjadi rekan bagi mereka yang sedang berjuang dengan kesehatan mental.

“Menerima, menerima, menerima,” ujar Kapur. “Menerima kalau seseorang di sekitar kita memiliki masalah kesehatan mental. Menerima kalau mereka membutuhkan bantuan. Penerimaan yang ketiga yakni menerima bahwa hal itu akan terulang kembali.”

Album terbaru Halsey yang dirilis pada Januari 2020 lalu dan bertajuk ‘Manic’, digambarkan oleh dirinya sebagai sebuah “surat cinta” untuk dirinya sendiri saat sedang berada di fase manik.

“Dalam proses membuat album ini, aku harus berdamai dengan versi manik diriku sendiri,” tuturnya.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...