Hampir 20 Persen Wilayah Indonesia Telah Masuki Musim Kemarau

Hampir 20 Persen Wilayah Indonesia Telah Masuki Musim Kemarau

Selasa, 26 Apr 2016 | 14:22 | Rusmanto
WinNetNews.com - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut luasnya kawasan Indonesia dari Sabang sampai Merauke membuat waktu dimulainya musim hujan atau kemarau tidak serentak. Menurut Kepala BMKG Andi Eka Sakya, sampai minggu terakhir April 2016 ini, sedikitnya 19 persen wilayah Indonesia telah memasuki musim kemarau.

"Kebetulan Indonesia mempunya variasi musim yang sangat banyak, jadi tidak semua persis seperti Jakarta, yang lain sebagian sebetulnya telah masuk musim kemarau. Lebih dari 19 persen sudah masuk musim kemarau. Terutama daerah Sumut, Riau, dan segala macam," tutur Andi di sela rakernas BMKG di Hotel Mercure Ancol, Jakarta Utara, Selasa (26/4/2016).

"Pancaroba itu anginnya kencang, petirnya banyak, jadi kadang-kadang memang hujan deras," imbuhnya.

Terkait banjir yang terjadi di Jakarta, Andi mengatakan, hal tersebut tak melulu karena tingginya intensitas hujan. Bisa juga disebabkan oleh penyerapan air yang tidak maksimal oleh tanah.

"Banjir itu kan prosesnya tidak hanya sekedar hujan, tetapi juga kalau kita lihat itu permukaan tanah itu penyerapannya telah berkurang menjadi 20 persen," ujar Andi.

"Sehingga 80 persen dari hujan itu semuanya mengalir ke bawah saja. Kalau rintangannya banyak, itu bisa jadi awal genangan," jelasnya.

disadur dari situs detik news

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...