Hanya Provinsi Ini yang Masih Alami Kenaikan Kasus COVID-19 Seminggu Terakhir
detikcom

Hanya Provinsi Ini yang Masih Alami Kenaikan Kasus COVID-19 Seminggu Terakhir

Kamis, 9 Sep 2021 | 07:30 | Rusmanto

Winnetnews.com -  Juru bicara Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito mengatakan perkembangan kasus Corona di Indonesia terus mengalami perbaikan. Namun, ada satu provinsi yang masih mengalami kenaikan kasus dalam sepekan terakhir, yakni Papua Barat.

"Di tingkat provinsi, jika pada minggu lalu seluruh provinsi menunjukkan penurunan kasus positif mingguan, sayangnya pada minggu ini terdapat satu provinsi yang kembali meningkat, yaitu Papua Barat," kata Wiku dalam konferensi pers BNPB, Selasa (7/9/2021).

Wiku menjelaskan kasus Corona di Papua Barat pada minggu ini, 29 Agustus-5 September 2021, tercatat sebanyak 398 kasus. Sedangkan pada minggu sebelumnya berjumlah 319 kasus.

Selain Papua Barat yang mengalami kenaikan kasus Corona, Wiku juga mencatat Provinsi Papua masih mengalami peningkatan persentase kasus aktif. Disebutkan, kasus aktif Corona di Papua meningkat sebesar 0,32 persen.

Kasus aktif Corona sendiri merupakan orang-orang yang masih menjalani perawatan, atau biasa disebut sebagai pasien COVID-19.

"Persentase kasus aktif Papua selama 2 minggu terakhir juga paling tinggi se-Indonesia, yaitu 37,87 persen pada minggu sebelumnya dan 38,19 persen pada minggu terakhir," jelas Wiku.

Lebih lanjut, kata Wiku, kemungkinan dalam beberapa waktu ke depan akan ada perubahan data kasus Corona di Papua dan Papua Barat. Hal ini karena, pemerintah daerah setempat masih berupaya untuk melakukan sinkronisasi data dengan pemerintah pusat.

Pada Selasa (7/9/2021) kemarin, total kasus positif Corona di Papua Barat telah mencapai 22.618 kasus. Dari jumlah tersebut, sebanyak 22.072 kasus dilaporkan sembuh dan 346 kasus meninggal dunia.

Sementara untuk Papua, total kasus positifnya sudah sebanyak 32.843 kasus. Sebanyak 20.073 kasus di antaranya dilaporkan sembuh, 360 kasus meninggal dunia.

Kendati demikian, Wiku mengatakan per 5 September kemarin sudah tidak ada lagi provinsi yang memiliki tingkat keterisian tempat tidur rumah sakit (BOR) di atas 60 persen.

"Bahkan angka BOR tertinggi hanya sebesar 45,47 persen, yaitu Provinsi Aceh. Ini artinya keadaan darurat yaitu lonjakan pasien COVID-19 di rumah sakit telah berhasil kita lewati di semua provinsi di Indonesia," tuturnya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Ini Satu-satunya Provinsi yang Alami Kenaikan Kasus Corona Sepekan Terakhir"


 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...