Hanya Tersisa Rp 10 T Anggaran belum terserap Menhub Jonan Klaim

Hanya Tersisa Rp 10 T Anggaran belum terserap Menhub Jonan Klaim

Jakarta - Total anggaran untuk kementerian perhubungan pada 2015 sebesar Rp 65 triliun. Menteri Perhubungan Ignasius Jonan mengakui serapan anggaran kementeriannya hingga pertengahan September 2015 baru 20 persen.

Menteri Jonan mengungkapkan, pihaknya telah melakukan kontrak dan lelang untuk anggaran tahun ini. Hingga saat ini tersisa Rp 10 triliun yang belum dilelang ataupun kontrak.

"Yang belum ada kontrak dan belum dilelang sisa Rp 10 triliun mudah-mudahan sampai akhirnya mudah-mudahan Rp 55-60 triliun bisa terserap," katanya di Kantornya, Jakarta, Kamis (17/9).

Dia menyakini, peningkatan percepatan akan terjadi hingga akhir tahun. Bahkan, mantan Direktur Utama PT KAI ini memprediksikan penyerapan hingga akhir September 2015 bisa mencapai 25 persen, atau naik 5 persen.

"Makanya ada upaya dari pemerintah untuk 2016 nanti November (2015) sudah ada lelang tidak mengikat, setelah dapat persetujuan dari DPR langsung (soal APBN 2016)," terangnya.

Selain itu, Menteri Jonan mengharapkan pada jajarannya untuk mengedepankan penyelesaian AMDAL dan Rencana Induk bersamaan dengan pelaksanaan pembangunan sesuai dengan Detail Engineering and Design (DED) yang telah disepakati dalam pelaksanaan proyek.

"Dengan demikian, saya harap tidak ada lagi proses pembangunan dan pelaksanaan anggaran yang terkendala dokumen AMDAL dan Rencana Induk. Percepatan pelaksanaan anggaran tersebut tetap harus dilaksanakan secara teliti dan diikuti dengan pengawasan yang ketat," tutupnya.