Hardiknas di Tengah Pandemi Corona, Kemendikbud Gelar Upacara Online
Foto: Liputan6

Hardiknas di Tengah Pandemi Corona, Kemendikbud Gelar Upacara Online

Sabtu, 2 Mei 2020 | 14:39 | Anggara Putera Utama

Winnetnews.com -  Indonesia harus merayakan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun ini berbeda dari biasanya. Peringatan Hardiknas yang dilakukan Sabtu (2/5) ini, dilakukan tengah situasi pandemi Covid-19, dilakukan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dengan menggelar upacara.

Upacara tersebut digelar terbatas dan tetap mengedepankan protokol kesehatan dan pesertanya mengikuti secar virtual.

“Betul, upacaranya online. Itu ada perwakikan beberapa orang dan tetap jaga protokol kesehatan, tidak berkerumun dan semuanya bermasker,” kata Plt Direktur Jenderal PAUD, Pendidikan Dasar dan Menengah Hamid Muhammad dilansir dari Suara.com

Hamid menjelaskan, upacara tetap digelar dengan mengibarkan bendera Merah Putih. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim memimpin langsung jalannya upacara dan hanya diikuti oleh sebagian jajaran Kemendikbud.

"Jadi tahun ini kita tidak melaksanakan acara Hardiknas seperti biasa, ada upacara, tapi kita di rumah sambil mendengarkan arahan Pak Mendikbud melalaui TVRI," sambungnya.

Hamid menambahkan, pihaknya mengangkat tema “Belajar dari Covid-19” dalam peringatan tahun ini. Menurutnya, ada makna yang bisa diambil saat situasi seperti ini terutama di bidang pendidikan.

“Jadi memberikan makna kepada kita, bahwa kita harus belajar dari apa yang kita lalui selama ini, termasuk juga kita belajar bersama-sama dalam era pandemi Covid ini,” ujarnya Hamid.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...