Harga 1 Unit Die Cast Bisa Puluhan Juta!

Harga 1 Unit Die Cast Bisa Puluhan Juta!

Jakarta - Untuk mengoleksi die cast (mainan atau model miniatur) mobil pun memerlukan kocek yang tidak tidak sedikit. Mulai dari Rp 20.000-an bahkan hingga jutaan rupiah siap digelontorkan kolektor demi hobi.

Vero (45) mengaku pernah membeli die cast termahalnya hingga US$ 2.000 sekitar Rp 24 juta. Pria yang hobi mengoleksi Hot Wheels jenis drag bus ini mengaku membeli miniatur mobil dari e-bay.

"Kebetulan yang saya cari kan drag bus. Karena teman saya ada yang bilang, 'Jangan main-main yang biasa, Om. Mainnya yang atas aja bagusan. Karena nilai investasinya juga bagus.' Ya kan nilainya naik terus. Ya akhirnya main Hot Wheels khusus drag bus," kata Vero kepada detikOto saat ditemui di Indonesian Diecast Expo 2014 di Balai Kartini, Jakarta.

Menurut Vero, varian drag bus itu merupakan kelas tertinggi. Jadi, jika dijual lagi ke kolektor lain, harganya pun akan semakin tinggi.

Selain drag bus, Vero awalnya mengoleksi semua bentuk diecast dari tahun 1998. Baru 2007-2008 ia mulai fokus mengoleksi drag bus.

"Di 2007-2008 itu tiba-tiba anak saya main di online, Facebook. Kita coba searching, loh kok bagus ya ternyata. Dari situ kita mulai. Jadi kayak

keracunan ya, kayak habbit gitu. Sebentar-sebentar buka Facebook, buka online. Sebentar-sebentar liatin punya orang, beli ya jadinya begini," katanya.

Jika ditotalkan semua varian, pria yang tinggal di wilayah Pondok Pinang itu telah mengoleksi 20.000 buah diecast dari 1998 hingga sekarang. Alhasil, garasi rumahnya penuh dengan pajangan-pajangan diecast.

"Tadinya ada (kamar khusus), cuma sekarang akhirnya di garasi aja biasa. Kebetulan saya tata rapi, bagus. Jadi enggak begitu mengganggu," katanya.