(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Harga BBM Turun Beri Peluang Rupiah Menguat

Muchdi
Muchdi

Harga BBM Turun Beri Peluang Rupiah Menguat

WinNetNews.com - Pergerakan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) hari ini diprediksi akan menguat seiring dengan diturunkannya harga bahan bakar minyak (BBM).

"Penurunan harga BBM serta elpiji hari ini berpeluang memberikan sedikit sentimen positif," ungkap Analis Samuel Sekuritas, Rangga Cipta, dalam hasil risetnya.

Namun demikian, lanjut dia, investor diminta untuk tetap mewaspadai pergerakan mata uang Garuda yang bisa tiba-tiba berbalik arah.

"Pelemahan rupiah secara umum masih akan terjadi dengan naiknya permintaan dolar sebagai aset aman di tengah gejolak pasar Tiongkok," tambah dia.

Sekadar diketahui, sebelumnya dia memprediksikan jika rupiah kembali melemah sejalan dengan pelemahan kurs di Asia bersamaan juga dengan aksi jual di pasar saham global.

"Inflasi yang turun drastis di Desember 2015, yang walaupun positif, gagal mencegah pelemahan rupiah yang terlalu dalam," ujarnya.

 

Adapun dolar index naik tipis, tetapi kali ini bukan hanya didukung oleh penurunan harga komoditas tetapi juga naiknya permintaan aset safe-haven menyusul anjloknya pasar saham Tiongkok pada perdagangan Senin kemarin.

"Harga emas dan harga US Treasury juga naik hingga penutupan dini hari tadi. Minyak masih turun menyusul buruknya Indeks Manufaktur beberapa negara seperti Tiongkok, India dan juga AS. Penguatan dolar diperkirakan masih bertahan minggu ini," pungkas dia.

sumber dari Metrotvnews, Jakarta

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});