Harga Beras Naik, Dampak El Nino

Muchdi
Muchdi

Harga Beras Naik, Dampak El Nino

Jakarta - Kenaikan harga beras terjadi di pasaran meskipun tipis sekitar 2 persen , Ungkap Menteri Pertanian Amran Sulaiman . kenaikan itu disebabkan dampak psikologis dari El Nino, kekhawatiran itu membuat pedagang menaikkan harga.Ujarnya .

"Mungkin psikologi pasar, mungkin ada El Nino kekeringan dia coba naikkan, karena pasokan ke Cipinang normal. Semua katakan normal kata mereka. Makanya saya turun lapangan cek, ada panen apa benar," kata dia di Kediri seperti ditulis Rabu (30/9/2015).

Presiden Joko Widodo sendiri telah melakukan pertemuan dengan para pengusaha beras beberapa waktu lalu. Hasilnya, para pengusahan menyatakan jika pasokan beras masih aman.

"Kemarin pedagang semua mengatakan bahwa beras cukup," tutur Amran.

Selain itu, para pedagang juga telah berkomitmen bersama pemerintah untuk menjaga kestabilan harga beras. "Kemarin kesepakatannya adalah membantu pemerintah turunkan harga. Menjaga stabilitas harga," ungkapnya.

Di samping itu, pemerintah juga berupaya menjaga kestabilan harga beras dengan operasi pasar. Adapun untuk tahun ini pemerintah menyiapkan sekitar 300 ribu ton untuk operasi pasar.

"Dengan kenaikan 2-3 persen sederhana, pengalaman 1994 operasi pasar lepas 90 ribu ton setahun. Presiden minta 300 ribu ton. Sampai harga betul-betul stabil. Saya kira 50 ribu turun," tandasnya.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});