(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Harga Minyak Dunia Kembali Naik Ke US$43/Barel

Rusmanto
Rusmanto

Harga Minyak Dunia Kembali Naik Ke US$43/Barel

Pada perdagangan hari ini sampai pukul 9.17 WIB, harga minyak West Texas Intermediate (WTI) menguat 1,86% menjadi US$43,35 per barel, sedangkan harga minyak Brent naik 0,93% menjadi US$48 per barel.

Kombinasi data ekonomi global yang positif, pelonggaran moneter China dan meredanya gejolak bursa global menjadi penyokong harga minyak.

Sebelumnya, pada penutupan perdagangan kemarin, harga minyak WTI melonjak 10,52% menjadi US$42,69 dari posisi sebelumnya US$38,6, sedangkan harga minyak Brent naik 9,32% menjadi US$47,56 dari posisi sebelumnya US$43.

Analis PT Fortis Asia Futures, Deddy Yusuf Siregar mengatakan data ekonomi global yang positif seperti di Jepang mendorong penguatan harga minyak. Gejolak bursa saham global yang mereda juga mendukung pergerakan harga. Dua sentimen itu semakin memperkuat katalis positif untuk harga minyak pasca China menurunkan suku bunga pada pekan ini.

Deddy menjelaskan pagi ini data positif dari Jepang semakin menyokong penguatan harga minyak. Data pengangguran Negeri Matahari Terbit itu turun menjadi 3,3% dan data ritel juga menguat.

Selain itu, penguatan harga minyak pada perdagangan kemarin terjadi setelah Departemen Perdagangan Amerika Serikat (AS) melaporkan ekonomi Negeri Paman Sam tumbuh 3,7% pada kuartal kedua atau lebih tinggi dibandingkan dengan estimasi sebelumnya sebesar 2,3%.

Analis Fat Prophets, David Lennox mengatakan setiap reli kenaikan yang tinggi dan ekstrim kemungkinnya hanya untuk jangka pendek.

"Volatilitas pasar minyak masih akan berlanjut," ujarnya kepada Bloomberg. (jk)

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});