Harga Minyak Dunia Sentuh US$ 70, Menteri ESDM Evaluasi Harga BBM
ilustrasi

Harga Minyak Dunia Sentuh US$ 70, Menteri ESDM Evaluasi Harga BBM

Jumat, 26 Jan 2018 | 14:14 | Rusmanto

WinNetNews.com - Harga minyak dunia dalam Anggaran Penerimaan dan Belanja Negara (APBN) 2018 dipatok sebesar US$ 48 per barel. Akan tetapi, belakangan ini harga minyak dunia melonjak hingga menyentuh level US$ 70 per barelnya.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mengatakan pihaknya akan melakukan evaluasi harga bahan bakar minyak (BBM) pada pertengahan Maret 2018 menyusul tren kenaikan harga minyak dunia.

"Kita lihat apakah di pertengahan Maret perlu lakukan penyesuaian lagi atau tidak. Tantangan besar adalah harga minyak mentah dunia mulai bergerak di atas US$ 60 per barel dan sebagainya," kata Jonan di Gedung DPR RI, Jakarta, Kamis malam (25/1/2018).

Pada periode Januari-Maret 2018, pemerintah telah menetapkan tidak ada kenaikan harga BBM minyak solar 48 (gas oil) dan bensin (gasoline) RON 88. 

"Tiga bulan pertama ini gasoline 88 dan gas oil 48 masih sama," ujar Jonan.

Jonan menjelaskan, dalam menghitung harga jual eceran solar subsidi dan bensin RON 88 menggunakan MOPS (Mean of Platts Singapore) sebagai acuan perhitungan harga.

Penghitungan untuk solar subsidi misalnya menggunakan publikasi harga MOPS Gasoil 0,25% Sulphur, sedangkan bensin RON 88 menggunakan publikasi harga MOPS Mogas 92.

"Penetapan harga mempertimbangkan dari berbagai aspek antara lain kemampuan keuangan negara atau situasi perekonomian, kemampuan daya beli masyarakat, ekonomi riil dan sosial masyarakat," tutur Jonan. (detikcom)

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...