Harga Minyak Melonjak Paska OPEC Pangkas Produksi

Rusmanto

Dipublikasikan 5 tahun yang lalu • Bacaan 1 Menit

Harga Minyak Melonjak Paska OPEC Pangkas Produksi
ilustrasi

WinNetNews.com - Harga minyak melonjak lebih dari 10% pada perdagangan Rabu, hingga menembus di atas US$ 50/barel. Ini merupakan kenaikan harian tertinggi di bulan ini. Penyebabnya negara produsen minyak anggota OPEC memutuskan untuk memangkas produksi minyak mereka, untuk pertama kalinya sejak 2008.

Pemangkasan produksi minyak oleh negara anggota Organization of the Petroleum Exporting Countries (OPEC) ini dilakukan untuk mendongkrak harga yang masih rendah.

Dalam sebulan ini, harga minyak tercatat naik hampir 5%. Meski begitu, kenaikan harga minyak ini diprediksi hanyalah sementara saja.

OPEC, yang produksi minyaknya mewakili 1/3 dari produksi minyak dunia, sepakat untuk memangkas produksinya sekitar 1,2 juta barel per hari, atau lebih dari 3%, menjadi 32,5 juta barel per hari. Ini disepakati dalam pertemuan OPEC di Wina, Austria.

Indonesia memutuskan membekukan keanggotaannya di OPEC, karena tidak mau memangkas produksi minyaknya.

Baca juga:Indonesia Keluar dari OPEC untuk Sementara

Arab Saudi sebagai pemimpin OPEC, menyatakan bakal memangkas produksi minyaknya hingga 500.000 barel per hari, menjadi 10,06 juta barel per hari. Kemudian Iran, produsen minyak terbesar kedua di OPEC, juga sepakat memangkas produksi minyaknya 200.000 barel per hari menjadi 4,351 juta barel per hari.

Selain OPEC, Rusia yang juga produsen minyak besar dunia non OPEC, sepakat memangkas produksi minyaknya sebesar 300.000 barel per hari.

Kondisi ini membuat harga minyak langsung naik. Harga kontrak minyak jenis West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Januari naik US$ 4,21/barel (9,6%) menjadi US$ 49,44/barel. Sepanjang perdagangan, harga minyak WTI sempat naik 10% lebih.

Harga minyak jenis Brent untuk pengiriman Januari naik US$ 4,09/barel (8,82%0 menjadi US$ 50,47/barel.

Kuwait, Venezuela, dan Algeria disebut juga siap menyesuaikan diri dengan kesepakatan pemangkasan produksi oleh OPEC.

Share This Story

RELATED ARTICLE

Loading interface...