Harga Minyak Merangkak Naik

Harga Minyak Merangkak Naik

Jumat, 19 Agt 2016 | 10:13 | Muchdi

WinNetNews.com - Harga minyak dunia pada Kamis ditutup naik 3,1 persen dari setelah sebelumnya tertekan selama delapan pekan akibat meningkatnya produksi minyak mentah oleh negara pengekspor terbesar dunia, sehingga minyak membanjiri pasar.

Dilansir laman Reuters, Jumat 18 Agustus 2016, harga minyak Amerika Serikat atau West Texas Intermediate (WTI) naik US$1,43 per barel atau 3,06 persen menjadi US$48,22 per barel.

Sedangkan untuk minyak mentah Brent naik 88 sen atau 1,79 persen menjadi US$50,74 per barel, mendekati level tertingginya tahun ini sejak 23 Juni 2016. Dari dua jenis minyak tersebut telah tercatat kenaikan sebesar 20 persen dari level terendahnya.

Naiknya harga minyak dunia ini setelah adanya kesepakatan seluruh negara pengekspor minyak dunia (OPEC) menghidupkan kembali wacana untuk menghentikan sementara produksi minyak dunia agar tidak membanjiri pasar.

Saat ini, banyak anggota OPEC telah terluka parah oleh jatuhnya harga minyak selama dua tahun terakhir. Sementara beberapa eksportir minyak teluk memiliki biaya output yang sangat rendah, produsen lain seperti Iran dan Venezuela perlu harga minyak di atas US$100 untuk menyeimbangkan anggaran mereka.

Sumber: VIVA

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...