Harga Rokok Naik, Warga: “Kami Akan Tetap Merokok”
Foto: Pe3k/F/Shutterstock via theconversation.com

Harga Rokok Naik, Warga: “Kami Akan Tetap Merokok”

Rabu, 4 Des 2019 | 15:30 | Fannie Angelie

Winnetnews.com - Belakangan ini, terdapat beberapa kabar mengenai kenaikan harga rokok yang sempat membuat masyarakat gelisah. Hal itu terjadi dikarenakan kenaikan harga rokok mencapai kisaran Rp30.000 hingga Rp50.000-an. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa pemerintah mengambil keputusan ini sebagai upaya dan sikap pemerintah untuk mengurangi konsumsi rokok di kalangan masyarakat dan sebagai langkah untuk membasmi peredaran rokok secara illegal.

Adanya Pro dan Kontra

Terkait dengan informasi yang sedang beredar itu, kebijakan pemerintah dibanjiri komentar oleh masyarakat, ada yang setuju karena mereka berpendapat hal tersebut mampu meningkatkan pendapatan pajak, dan tentunya angka prevalensi penghisap rokok akan berkurang. Namun bagi perokok aktif, tentu mereka tidak setuju dengan kebijakan ini karena harganya yang sangat mahal sehingga mereka tidak bisa mengonsumsi rokok lagi.

“Kenaikan harga rokok dapat menyebabkan pendapatan pajak besar, sedangkan penghisap rokok akan berkurang. Namun, masalahnya nanti akan ada banyak beredar rokok tak bermerek yang nantinya akan menjadi boomerang,” ujar Rasmin, seorang wirausahawan (10/10).

Mau membeli rokok? Ikuti syarat ini!

Beberapa warga Jembatan Lima, Jakarta Barat yang saya temui setuju jika harga rokok dinaikkan setinggi-tingginya agar anak-anak di bawah umur tidak dapat menjangkaunya atau minimal dapat mengurangi angka prevalensi perokok di bawah umur. Beberapa di antara mereka juga menyarankan agar saat pembelian rokok sebaiknya harus membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP). Meskipun saran tersebut memiliki beberapa kelemahan, dimana mungkin pihak warung memberikan toleransi kepada anak di bawah umur untuk membeli rokok.

Harga rokok naik menyebabkan inflasi?

Melihat kondisi tersebut, sebaiknya pemerintah untuk memikirkan kembali tentang kebijakan yang akan dibuat karena itu sangat menimbulkan pro dan kontra dari masyarakat banyak. Dengan adanya kenaikan harga rokok ini diduga dapat mendorong adanya inflasi, yang nantinya akan menganggu asumsi pertumbuhan ekonomi.

Tingginya tingkat konsumsi rokok di suatu negara berkorelasi dengan longgar atau ketatnya regulasi terhadap rokok, seperti di negara India yang lebih maju dalam regulasi rokok dibandingkan Indonesia. Atas keberanian Menteri Kesehatan, Dr. Anbumani Ramadoss, ia berani mengambil risiko industri rokok dan petani tembakau sejak Oktober 2008 melarang rokok diiklankan dan dipromosikan di media massa.

Ingin hidup anda sehat? Ikuti tips di bawah ini!

Ketika anda sudah bertekad untuk berhenti merokok, berarti anda sudah memilih jalan yang benar karena kalian akan nantinya akan hidup sehat. Namun, memang tidak mudah untuk berhenti merokok, ada proses yang harus dijalani secara bertahap dan harus membutuhkan kesabaran yang ekstra. Coba perhatikan dan lakukan beberapa tips yang ada di bawah ini :

1. Olahraga

Dengan berolahraga dapat membantu dan mengurangi hasrat anda untuk merokok. Mulailah untuk melakukan aktivitas olahraga bersama orang terdekat anda, bila ingin sendiri pun tak masalah. Lakukanlah aktivitas yang mudah, seperti sekadar jalan kaki, lari, ataupun berenang.

2. Mengonsumsi camilan

Biasanya seorang perokok aktif akan merokok setelah usai makan, ketika punya banyak waktu senggang ataupun bosan. Maka bila kalian ingin berhenti merokok, kalian harus menyiapkan beberapa camilan untuk bisa mengganti rokok. Kalian bisa menyiapkan camilan-camilan yang kalian sukai, boleh apa saja seperti martabak, cokelat, kacang, permen, dan sebagainya. Maka dengan begitu mulut kalian tidak akan terpengaruhi oleh batang rokok.

3. Memikirkan manfaat dari berhenti merokok

Ada banyak sekali manfaat yang akan anda dapati, seperti :

  • Tubuh yang lebih sehat, dengan berhenti merokok berarti menurunkan tingkat risiko serangan jantung bahkan kanker.
  • Hilangnya bau mulut yang tidak sedap akibat merokok.
  • Membuat bernapas lebih mudah.
  • Adanya dana lebih yang dapat digunakan untuk keperluan lain selain membeli rokok.
  • Membuat kulit tampak lebih muda.

4. Terus berusaha

Tidak masalah bila berulang kali gagal untuk berhenti merokok, kegagalan berhenti merokok adalah kondisi umum yang sering terjadi dan memang wajar. Gagal bukan berarti tidak bisa lepas dari rokok, banyak orang yang sudah lama mencoba beberapa kali tapi akhirnya berhenti. Teruslah berusaha dan optimis bahwa anda bisa untuk berhenti merokok.

Mulailah gaya hidup sehat dengan berhenti merokok, karena akan ada banyak manfaat yang didapat. Cintailah tubuh anda dengan berhenti merokok, kesehatan tubuh anda adalah yang utama. Kalau kamu tidak bisa mencintai dirimu, bagaimana orang lain akan mencintaimu?

***

 

 

Fannie Angelie adalah mahasiswi London School of Public Relations Jakarta

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...