Harga Tomat Naik 25%

Rusmanto
Selasa, 18 Agustus 2015 11:21 WIB
Oleh Rusmanto pada Selasa, 18 Agustus 2015 11:21 WIB
Image Harga Tomat Naik 25%

Panen raya tomat di beberapa tempat membuat harga tomat di tingkat petani turun hingga Rp 400/kg sehingga harga di pasar pun hanya sekitar Rp 3.000/Kg untuk tomat kecil. Namun hari ini, harga tomat di pasar tradisional Jakarta naik karena pasokan yang terbatas pasca hari libur nasional.

Di Pasar Minggu, Jakarta Selatan, dalam 2 hari harga tomat naik 25% akibat terhambatnya pasokan. Harga tomat naik dari pembelian di tingkat pedagang Rp 4.000/kg menjadi Rp 5.000/Kg atau naik 25%.

"Tomat memang di sentra sedang panen raya, pasokannya banyak jadi harga turun. Tapi hari ini naik lagi jadi Rp 6.000/kg. Saya belinya aja naik Rp 1.000/kg. Belinya tadinya Rp 4.000/kg jadi Rp 5.000/kg," ungkap Tri, pedagang sayur Pasar Minggu.

Tri mengakui padahal saat ini di sentra sedang panen raya dan tomat berlimpah.

Pedagang lain, Gunarto pun merasakan kenaikan harga tomat yang dibelinya dari pasar induk pagi ini. "Iya tomat belinya naik Rp 1.500/kg malah. Tomat besar saya jualnya jadi Rp 7.000/kg kalo yang kecil Rp 4.000/kg," jelasnya.

Padahal dua hari lalu Gunarto hanya mematok harga Rp 3.000/kg untuk tomat ukuran kecil dan Rp 5.500/kg untuk tomat ukuran besar.

Menurut Gunarto, naiknya harga di Pasar Minggu sangat tergantung dengan Pasar Induk Kramat Jati. Tomat hari ini harganya naik, menurutnya disebabkan terhambatnya pasokan.

"Petaninya sibuk banyak acara 17-an di desa, nggak ke kebun," tambahnya.(jk)

Cara Memakai Tas yang Tepat Agar Tidak Mencederai Tubuh
Agar Tidur Anda Lebih Nyenyek, Yuk Ikuti 5 Tips Ini

Reaksi Kamu

Tanggapan Pembaca

    Belum ada Tanggapan

    Jadilah yang pertama memberikan tanggapan

Sekilas Tentang WinNetNews

Situs WinNetNews.com merupakan portal berita dan informasi teraktual perihal berbagai peristiwa di nusantara maupun mancanegara. Kelengkapan, keakurasian serta aktualitas berita dan informasi WinNetNews.com telah membuat tingkat baca artikel-artikelnya naik secara signifikan walaupun usia WinNetNews.com sebagai portal berita baru seumur jagung.