Hari Bakti TNI AU Diperingati di Akademi Angkatan Udara Yogyakarta

Rusmanto
Rusmanto

Hari Bakti TNI AU Diperingati di Akademi Angkatan Udara Yogyakarta ilustrasi

WinNetNews.com - Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Hadi Tjahjanto hari ini memimpin upacara hari Bakti TNI Angkatan Udara (AU) ke-70 di kompleks Akademi Angkatan Udara (AAU) Maguwo, Yogyakarta, Sabtu (29/7/2017).

Puncak peringatan Hari Bakti TNI AU yang jatuh setiap tanggal 27 Juli ini untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan dirgantara Indonesia saat mempertahankan kedaulatan RI dari penjajahan Belanda.

Sebelum dilakukan upacara, KSAU Marsekal Hadi Tjahjanto memimpin langsung acara napak tilas peristiwa operasi militer udara pertama Indonesia, 29 Juli 1947, sebagai bagian dari acara peringatan Hari Bakti Ke-70 TNI AU pada hari, Sabtu (29/7/2017) pukul 04.30 WIB.

Pesawat yang digunakan tidak lagi pesawat Guntai dan Cureng peninggalan zaman Jepang namun pesawat KT 1B Woong Bee buatan Korea.

Setelah acara napak tilas digelar upacara dan Wisuda Purna Pati TNI AU di Gedung Sabang Merauke (GSM) di kompleks AAU. Pada hari sebelum digelar upacara dan ziarah di Monumen Perjuangan TNI AU atau Monumen Ngoto di Sewon Bantul, Jumat (28/7/201). Di monumen itu terdapat makam Agustinus Adusutjipto dan Abdulrahman Saleh.

Monumen tersebut merupakan tempat jatuhnya pesawat Dakota VT-CLA yang membawa bantuan obat-obatan dari Palang Merah Malaya untuk Indonesia.

Apa Reaksi Kamu?