Skip to main content

Hari Ini Akan Turun Putusan Gugatan Praperadilan Jessica

Hari Ini Akan Turun Putusan Gugatan Praperadilan Jessica
Hari Ini Akan Turun Putusan Gugatan Praperadilan Jessica

WinNetNews.com - Pengadilan Negeri Jakarta Pusat hari ini, Selasa (01/03/1016) akan mengeluarkan putusan gugatan praperadilan Jessica Kumala Wongso. Tersangka pembunuhan Wayan Mirna Salihin menunggu nasib atas penetapan dan penahanan dirinya oleh Polda Metro Jaya.

Dalam materi gugatan, Yudi Wibowo, pengacara Jessica menguji keberadaan alat bukti yang dipunya polisi. Selain itu, Jessica mempermasalahkan hierarki kinerja kepolisian.

Di lain pihak, Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, Kombes Pol Krishna Murti mengklaim penetapan Jessica sebagai tersangka telah memenuhi unsur-unsur penyidikan.

Krishna menjelaskan, polisi juga telah sesuai hukum saat melakukan penggeledahan rumah Jessica. Tidak sesuai dengan apa yang dituduhkan pihak Jessica, yang mengatakan polisi tanpa surat apa pun dalam melakukan penggeledahan.

Krishna menjelaskan, penggeledahan oleh penyidik kepolisian dalam kondisi tertentu tak memerlukan surat perintah dari pengadilan.

Sidang praperadilan sendiri dipimpin satu hakim tunggal, I Wayan Merta. Tidak seperti sidang lainnya yang biasanya minimal memiliki tiga hakim dalam mengambil keputusan sidang.

Bila mengacu pada Kitab Undang-Undang Hukum Pidana Indonesia, Pasal 1 butir 10, sidang praperadilan tugasnya memeriksa sah atau tidaknya suatu penangkapan dan atau penahanan atau permintaan tersangka atau keluarganya atau pihak lain atau kuasa tersangka.

Sidang praperadilan juga memiliki wewenang untuk memeriksa sah atau tidaknya penghentian penyidikan atau penghentian penuntutan atas permintaan demi tegaknya hukum dan keadilan.

Selain itu, praperadilan juga memiliki kewenangan untuk memutus permintaan ganti kerugian atau rehabilitasi oleh tersangka atau keluarganya atau pihak lain atau kuasanya yang perkaranya tidak diajukan ke pengadilan.

Dalam sidang sebelumnya, pihak Jessica juga tidak terima dengan pencekalan yang dilakukan oleh Dirjen Imigrasi atas permintaan tim penyidik Polda Metro Jaya.

Bidang Hukum Polda Metro sendiri yakin, pencekalan Jessica juga sudah sesuai dengan aturan dan prosedur yang ada.

Melihat bukti dan saksi-saksi yang dihadirkan saat sidang gugatan praperadilan, sedikit terlihat apa putusan yang akan terjadi.

Seperti apa pertarungan polisi dengan Jessica? Hari ini akan dimulai keabsahan polisi melakukan penangkapan dan penahanan, serta bukti yang dimiliki penyidik. Apakah akan berlanjut ke pengadilan atau penetapan dan penahanan Jessica tidak sesuai prosedur? Hari ini jawabannya.

Dilansir dari laman rimanews

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top