Hari Ini Putusan Sidang Jero Wacik

Hari Ini Putusan Sidang Jero Wacik

Selasa, 9 Feb 2016 | 11:00 | Arienta
WinNetNews.com - Hari ini, Selasa (9/02), mantan Menteri ESDM Jero Wacik jalani sidang pembacaan putusan (vonis) di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor). Jero sebelumnya dituntut 9 tahun penjara, denda Rp 350 juta dan membayar uang pengganti Rp 18,790 miliar.

Sugiyono, salah seorang pengacara jero mengatakan kliennya sudah siap menghadapi persidangan yang dipimpin Hakim Ketua Sumpeno pada pukul 13.00 WIB siang nanti. "Beliau banyak berdoa saja untuk persiapan sidang putusan," kata Sugiyono.

Selain itu, dalam nota pembelaannya (pleidoi) sebelumnya mengklaim dirinya tidak pernah melakukan tindak pidana korupsi dengan menyalahgunakan dana operasional menteri, memeras anak buah dan menerima gratifikasi. "Tuntutan ini bagi saya tidak masuk akal karena sama persis dengan surat dakwaan," ujar Jero dalam pleidoinya, Kamis (28/1).

Bagi Jero, penggunaan DOM yang disediakan dalam APBN merupakan diskresi menteri untuk mencukupi kebutuhan operasional. Selain itu, dia juga menyangkal dirinya melakukan pemerasan dengan cara memaksa anak bah mengumpulkan uang karena DOM di Kementerian ESDM tidak mencukupi.

Menurut Jero, pengumpulan dana rekanan berupa imbal jasa atau kickback sudah dilakukan sejak awal tahun 2010. Padahal Jero baru menjabat sebagai Menteri ESDM pada 19 Oktober 2011. "Jadi pengumpulan kickback sudah terjadi sebelum saya menjabat," paparnya.

Laporan: Arienta

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...