Hari Ini, Tersangka Korupsi e-KTP, Setya Novanto Hadapi Vonis
Foto:Istimewa

Hari Ini, Tersangka Korupsi e-KTP, Setya Novanto Hadapi Vonis

Selasa, 24 Apr 2018 | 09:39 | Cindy Cesilia

WiNetNews.com-  Tersangka kasus e-KTP, Setya Novanto hari ini akan menghadapi sidang putusan di Pengadilan Tipikor Jakarta, Selasa, 24 April 2018. Dikutip dari berbagai sumber yang ada, vonis terhadap Novanto dibacakan Majelis Hakim yang dipimpin oleh hakim Yanto serta anggota hakim Emilia Djajasubagia, Anwar, Ansyori Syarifudin, dan Franky Tambuwun.

Sebelumnya, Jaksa Penuntut Umum (JPU) KPK menuntut Novanto dihukum 16 tahun pidana penjara dan denda Rp1 miliar subsider 6 bulan kurungan. Selain itu, Jaksa juga menuntut Novanto membayar uang pengganti sebesar US$7,4 juta dikurangi uang yang sudah dikembalikan kepada KPK sebesar Rp5 miliar subsider 3 tahun.

Tidak hanya itu saja, Jaksa meminta Majelis Hakim menjatuhkan pidana tambahan berupa pencabutan hak politik Novanto selama 5 tahun setelah menjalani pidana pokok. KPK juga menolak permohonan terdakwa Novanto menjadi justice collaborator dalam kasus korupsi yang ditaksir merugikan negara hingga Rp2,3 triliun Ini.

Sementara itu menurut, Maqdir Ismail, kuasa hukum Novanto berharap Majelis Pengadilan Tipikor Jakarta memutuskan secara adil dengan mempertimbangkan semua pembelaan yang diajukan oleh pihaknya. Termasuk soal bantahan Novanto terhadap dakwaan KPK yang menyebutnya sebagai pihak yang mengintervensi proyek e-KTP.

"Kami harapkan majelis hakim memutus perkara dengan mempertimbangkan pembelaan, karena menurut hemat kami dakwaan tentang intervensi pak Novanto tidak terbukti," kata Maqdir.

 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...