Hari Jadi ke-21, Google Tampilkan PC Jadul

Khalied Malvino
Khalied Malvino

Hari Jadi ke-21, Google Tampilkan PC Jadul Foto: Firstpost

Winnetnews.com - Google merayakan hari jadinya yang ke-21 dengan tampilan Doodle yang menggambarkan sebuh Personal Computer (PC) lengkap, Jum’at (27/9).

Melansir Okezone.com dari Cnet, raksasa internet merayakan hari jadi ke-21 pada Jumat dengan gambar Doodle. Komputer desktop itu tampak seperti perangkat yang pernah ada 21 tahun yang lalu ketika mahasiswa Stanford Ph.D. dan salah satu pendiri Google, Sergey Brin dan Larry Page menerbitkan makalah berjudul The Anatomy of a Large-Scale Hypertextual Web Search Engine.

Makalah itu di dalamnya menguraikan Google, sebuah prototipe "mesin pencari skala besar" yang memiliki database "setidaknya 24 juta halaman."

"Kami memilih nama sistem kami, Google, karena itu adalah ejaan umum dari googol, atau 10100, dan sangat cocok dengan tujuan kami untuk membangun mesin pencari berskala sangat besar," tulis penjelasan dalam makalah itu.

Dalam 21 tahun sejak Brin dan Page menjabarkan visi mereka untuk mesin pencari, perusahaan tersebut telah tumbuh secara dramatis. Mesin pencari Google kini mengindeks ratusan miliar halaman web, tetapi perusahaan telah berubah dari awal yang sederhana sebagai mesin pencari menjadi kekuatan yang paling dominan dalam periklanan.

Google kini memiliki perusahaan induk, Alphabet, dengan kekuatan yang menyentuh segalanya dari mobil self-driving hingga perangkat lunak ponsel Android.

Mengintip Wikipedia, Google didirikan pada 4 September 1998, 21 tahun yang lalu di Menlo Park, California.

Apa Reaksi Kamu?