Hari Pendidikan Nasional, Yuk Jadikan Generasi Penerus Lebih Baik!
Foto: Istimewa

Hari Pendidikan Nasional, Yuk Jadikan Generasi Penerus Lebih Baik!

Selasa, 2 Mei 2017 | 08:42 | Fellyanda Suci Agiesta

WinNetNews.com - Hari ini, tepat tanggal 2 Mei 2017, Indonesia memperingati Hari Pendidikan Nasional. Mengapa harus tanggal 2 Mei? Karena pada tanggal tersebut bertepatan dengan hari lahir Bapak Pendidikan Indonesia, Ki Hadjar Dewantara.

Memang, pendidikan di Indonesia masih terbilang 'berat sebelah'. Sangat ketat dan modern di wilayah Ibukota, tapi belum tentu dirasakan di daerah pedalaman dan perbatasan. Perlu banyak relawan yang mampu mengajari anak-anak Indonesia di daerah [edalaman dan perbatasan.

Selain itu, Kementerian Pendidikan juga ikut andil dalam pendidikan Indonesia. Menteri Pendidikan akan mengadakan penyelarasan, penyatuan, dan pembauran bidang kebudayaan dengan pendidikan. Begitu juga dalam pemanfaatan sumber-sumber belajar yang ada di kelas di lingkungan sekolah, dan yang ada di luar sekolah. Sehingga proses belajar tidak terkotak-kotak, tersekat-sekat, tertutup dan sumpeg. Melainkan terbuka, luwes, dan leluasa, seperti dikutip dari Pidato Kementerian Pendidikan .

Belum lagi masalah pertengkaran, tawuran, yang bisa diatasi dengan mengedepankan nilai pancasila. Perilaku murid yang mulai tak wajar menjadi bagian dari pembelajaran orangtua dan guru di sekolah.

Terkadang semua itu dipengaruhi oleh faktor eksternal, seperti pergaulan dan apa yang mereka lihat (contoh:sinetron). Karena apa yang kita lihat, bisa memengaruhi perilaku kita sendiri.

Saringlah apa yang kita lihat dan dengar. Generasi penerus harus lebih dan lebih dari generasi saat ini. Karena di masa depan akan dibutuhkan seseorang yang mempu memajukan Indonesia menjadi yang lebih baik.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...