Skip to main content

Hari Pertama Masuk Kerja? Ini Loh Tips Berpakaiannya

Hari Pertama Masuk Kerja? Ini Loh Tips Berpakaiannya
Hari Pertama Masuk Kerja? Ini Loh Tips Berpakaiannya

WinNetNews.com - Semua persiapan dalam menggapai pekerjaan impian Anda akhirnya berbuah manis. Anda diterima di kantor yang selama ini Anda cita-citakan. Namun, semua masalah ternyata tidak berhenti sampai di sana. Sebaik apapun kemampuan yang Anda miliki, menghadapi hari pertama masuk kerja akan tetap membuat gugup.

Keadaan kantor yang belum Anda ketahui sebelumnya, menghadapi rekan kerja yang baru serta ketakutan tidak dapat beradaptasi diri dengan keadaan kantor menjadi sebagian pikiran yang dapat menghantui Anda di hari pertama bekerja.

Namun, diantara semua hal yang sudah disebutkan di atas, satu hal yang paling Anda takuti adalah takut memakai pakaian yang salah ketika hari pertama Anda bekerja. Tentu saja, Anda tidak ingin terlihat begitu menonjol dan menjadi buah bibir pembicaraan di hari pertama Anda masuk kerja bukan?

Dikutip dari cheatsheet.com, Sabtu (12/11/2016), berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda ikuti untuk mendapatkkan tampilan yang sesuai di hari pertama Anda bekerja:

- Melakukan riset

Anda mungkin mencoba untuk memilih jalur karir yang baru atau hanya berpindah ke perusahaan yang lebih baik. Satu hal yang pasti, setiap perusahaan pasti memiliki peraturan tidak tertulis akan pakaian yang sebaiknya Anda pergunakan. Misalnya saja, perusahaan perbankan pasti menggunakan pakaian yang lebih formal seperti kemeja dan celana kantor. Sementara perusahaan lain yang bergerak di bidang media misalnya, memiliki peraturan pakaian yang lebih santai.

Untuk mengetahui akan hal ini, Anda tidak perlu pusing-pusing untuk memikirkannya hingga bertanya pada HRD. Cobalah untuk mengingat kembali apa yang dipakai oleh pewawancara Anda ketika Anda pertama kali datang ke kantor tersebut. Apakah ia memakai pakaian yang formal atau justru lebih santai ketika sedang berada di kantor.

Mencontoh gaya berpakaian atasan Anda juga merupakan hal yang dapat Anda lakukan. Namun satu hal yang harus diingat, Anda tetap harus memakai pakaian yang terlihat lebih formal dari apa yang dikenakan oleh atasan Anda.

- Gunakanlah sepatu formal

Banyak orang yang memilih untuk memakai sepatu olahraga serta sandal ketika pergi bekerja agar dapat memudahkan mereka mengejar kereta atau naik kendaraan umum. Namun sesampainya di kantor, Anda harus tetap menggati alas kaki Anda dengan sepatu yang lebih formal. Selain untuk memberikan kesan yang rapi, penampilan yang professional juga akan memberikan citra bahwa diri Anda siap menghadapi semua pekerjaan yang ada.

- Gunakan warna natural

Ingin dapat bersosialisasi dengan baik di tempat baru Anda bekerja? Cobalah pilih warna-warna netral untuk menjadi pilihan Anda dalam berpakaian. Warna hitam, biru dongker, krem atau warna-warna dasar lain merupakan warna yang cocok yang dapat Anda gunakan di kantor.

Hindari memakai warna-warna mencolok seperti merah, kuning, atau baju dengan motif yang terlalu mencolok. Warna-warna tersebut justru akan sangat menarik perhatian sekitar dan justru dapat membuat kesan negatif terhadap diri Anda.

- Gunakan aksesoris

Siapa yang tidak ingin terlihat stylish di kantor? Namun hal ini akan sulit dilakukan apabila Anda harus memakai baju senada dengan semua rekan kerja Anda di kantor. Untuk mengantisipasi hal ini, satu hal yang dapat Anda lakukan adalah menggunakan aksesoris yang dapat menunjang penampilan Anda. Selain dapat membuat Anda lebih bergaya, aksesoris yang Anda gunakan ini juga akan membuat tampilan Anda lebih berbeda dari yang lain.

- Gunakan pakaian sesuai ukuran

Pakaian seperti kaos oblong dan celana jeans atau kemeja dengan celana kerja model longgar memang sangat nyaman dan dapat membuat Anda untuk lebih nyaman saat bekerja. Namun Anda perlu hati-hati akan hal ini. Ya, memakai pakaian yang longgar memang akan membuat Anda merasa lebih nyaman, namun bukan berarti bos dan rekan kerja Anda tidak menilai dan memperhatikan bagaimana cara Anda berpakaian. Pakaian yang tidak sesuai dengan ukuran badan akan memberi kesan yang tidak profesional terhadap apa yang ingin Anda tunjukan.

- Mempersiapkan semuanya satu malam sebelumnya

Menemukan pekerjaan impian Anda memang membutuhkan persiapan yang matang. Tapi nyatanya, semua persiapan yang sudah Anda lakukan ternyata tidak berhenti setelah Anda mendapatkan penawaran spesial dari pekerjaan impian Anda. Justru persiapan terpenting Anda adalah satu malam sebelum Anda berangkat ke kantor keesokan harinya.

Akan lebih baik apabila Anda sudah mempersiapkan semuanya dari satu malam sebelumnya. Ya, memang Anda bisa langsung memilih baju dan semua perlengkapan Anda beberapa jam sebelum Anda pergi ke kantor, namun dengan mempersiapkan semuanya lebih awal akan membuat kecemasan Anda berkurang. Dengan berkurangnya stress Anda pada pagi hari, Anda pun dapat menjalani hari dengan lebih produktif.

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top