Hari Tanpa Bayangan Akan Terjadi Siang Ini di Indonesia
Foto:Istimewa

Hari Tanpa Bayangan Akan Terjadi Siang Ini di Indonesia

Rabu, 21 Mar 2018 | 10:20 | Cindy Cesilia

WinNetNews.com-  Hari Ini Rabu 21 Maret 2018 terjadi fenomena alam hari tanpa bayangan di beberapa wilayah di Indonesia. Fenomena ini terjadi pada siang hari ini.  Fenomena tersebut muncul karena saat ini posisi Matahari berada di garis ekuator atau khatulistiwa.

Sehingga, ketika memasuki siang harinya. Matahari yang tepat di atas ekuator itu membuat siang yang biasanya memiliki bayangan, maka kali ini tidak akan tampak. Kondisi itu bisa dilihat dengan menggunakan tongkat yang berdiri tegak.

Menurut Rhorom Priyatikanto dari Pusat Sains Antariksa Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) mengatakan, posisi Matahari berada di garis ekuator sudah di mulai sejak memasuki tanggal 21 Maret.

"Saat tengah hari, Matahari hampir tepat di atas kepala (titik zenith). Saat itu, tugu atau objek yang berdiri tegak di ekuator akan tampak hampir tidak memiliki bayangan," jelas Rhorom.

Peristiwa hari tanpa bayangan ini tidak berlaku bagi pohon rindang karena tetap mempunyai bayangannya tersendiri. Kemudian, sebelum dan setelah tengah hari, sebab tonggak atau tugu akan kembali memiliki bayangannya. 

Solstice atau titik balik Matahari adalah ketika surya berada di titik paling utara dan paling selatan. Solstice menandai puncak musim panas atau musim dingin. Selain itu, hari tanpa bayangan ini juga berpotensi menggangu komunikasi radio sampai sinyal GPS.

Rhorom menjelaskan, teknologi yang menggunakan satelit akan cukup terdampak peristiwa hari tanpa bayangan ini.  "Kalau teknologi VSAT, telepon satelit, TV kabel yang pakai parabola akan mengalami sun outage, yakni tidak bisa dapat sinyal karena satelit pemancar berada dekat dengan Matahari," kata Rhorom.

Indonesia mengalami hari nir bayangan sebanyak dua kali pada tahun ini, yaitu pada 21 Maret dan 23 September 2018. Daerah-daerah yang berada dilalui garis khatulistiwa akan mengalami fenomena alam ini.

Peristiwa hari tanpa bayangan terjadi karena Bumi beredar mengitari Matahari pada jarak 150 juta kilometer dengan periode sekitar 365 hari. Garis edar Bumi berbentuk agak lonjong sehingga Bumi kadang bergerak lebih cepat dan kadang bergerak lebih lambat.
 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...