Skip to main content

Harus Diperhatikan!!!! Busi Motor Karburator dan Injeksi Berbeda, Jangan Lihat Fisiknya

Harus Diperhatikan Busi Motor Karburator dan Injeksi Berbeda Jangan Lihat Fisiknya

WinNetNews.com - Saat ini, sepeda motor dengan sistem karburator mulai ditinggalkan dan digantikan oleh hadirnya mesin injeksi. Tapi dengan kehadiran mesin injeksi, tidak serta merta motor dengan sistem karburator langsung ditinggalkan.Sampai sekarang, masih banyakmasyarakat yang menggunakan motor bermesin karburator.

Tapi yang harus disadari adalah komponen pada mesin karburator berbeda dengan injeksi. Salah satu perbedaannya adalah pada busi. Umumnya busi untuk mesin karburator disebut nonresistor spark plug , sedangkan resistor spark plug untuk injeksi.

Technical Support PT NGK Busi Indonesia,Diko Oktavianomengatakan, secara fisik tidak ada perbedaan yang mencolok antara busi mesin karburator dan injeksi.

Setidaknya ada tiga hal yang perlu Anda ketahui soal busi nonresistor dan resistor yaitu:

1.Busi nonresistor digunakan hanya untuk mesin yang belum memiliki ECU (injeksi).

2.Busi resistor digunakan untuk tipe injektor (ECU) dengan kode R pada insulatornya.

3.Busi resistor bisa digunakan untuk mesin noninjeksi, tapi busi nonresistor tidak bisa digunakan di mesin injeksi.

Nah makanya sebelum kita memasang busi untuk motor kita, harus dicek dulu apakah motor kita ini masih memakai sistem karburator atau injeksi. Karena jika salah pemasangan atau penggunaan bisa menimbulkan gangguan, terutama pada mesin motor.

"Efeknya kalau nonresistor dipakai di injeksi adalah pengaruhnya ke efek noise (gangguan) elektrostatis. Sebaliknya, busi resistor dipasang di motor karburator enggak ada masalah," terang Diko.

So.. Cek dulu ya busi motor kamu sebelum memasangnya di motor kamu.

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top