Haruskah Durasi Seks Dilakukan Lebih Lama? Ilmuwan Menjawab dari Perspektif Evolusi
Ilustrasi

Haruskah Durasi Seks Dilakukan Lebih Lama? Ilmuwan Menjawab dari Perspektif Evolusi

Sabtu, 5 Okt 2019 | 19:06 | Sofia Citradewi

Winnetnews.com - Setelah hubungan intim yang singkat Anda mungkin penasaran: Berapa lama sih biasanya hubungan seks berlangsung?

Itu kalau Anda bukan ilmuwan. Kalau Anda ilmuwan, Anda mungkin akan merumuskan pertanyaan dengan istilah yang lebih abstrak: Berapa waktu rata-rata yang diperlukan untuk mendapatkan ejakulasi intravaginal?

Saya memahami yang namanya hubungan seks tidak sebatas memasukkan penis ke dalam vagina hingga ejakulasi terjadi, tapi juga menyangkut hal-hal lain seperti berciuman.

Tetapi demi menjaga pembahasan ini tetap sederhana dan spesifik, kita hanya akan membahas waktu ejakulasi.

Mengukur waktu ejakulasi rata-rata bukanlah hal yang bisa dilakukan secara langsung. Kita tidak bisa serta-merta bertanya kepada orang, berapa lama waktu yang mereka butuhkan untuk ejakulasi.

Mengapa? Ada setidaknya masalah utama kalau kita memakai pendekatan seperti itu. Pertama, orang cenderung bias mengenai waktu yang diperlukan untuk ejakulasi, karena secara sosial orang diharapkan bisa bertahan sepanjang malam.

Kedua, orang biasanya tidak mengetahui berapa durasi hubungan seks mereka. Jarang sekali ada pasangan yang berhubungan badan sembari mengamati jam di samping tempat tidur.

Dan memperkirakan waktu bercinta, tanpa dibantu orang lain, itu sulit.

Apa hasil penelitian?

Penelitian yang terbaik sejauh ini dilakukan dengan menghitung waktu rata-rata ejakulasi 500 pasangan dari seluruh negara. Mereka menghitung waktu bercinta selama empat minggu dengan stopwatch.

Memang terdengar aneh. Para peserta penelitian memencet tombol “mulai” ketika mereka melakukan penetrasi dan memencet tombol “berhenti” ketika sudah ejakulasi.

Cara ini mungkin akan merusak mood bercinta para peserta penelitian, dan tidak sepenuhnya mencerminkan sesuatu yang alami.

Tapi mencari kesempurnaan dalam sains itu sulit, dan penelitian di atas adalah yang terbaik yang kita miliki sejauh ini.

Jadi apa hasil penemuannya?

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...