Hasil Survei Charta Politika: Jokowi-Ma'ruf Unggul dan Kuasai Empat Provinsi

Daniel
Daniel

Hasil Survei Charta Politika: Jokowi-Ma'ruf Unggul dan Kuasai Empat Provinsi Foto: Kompas/Kristianto Purnomo

WinNetNews.com – Charta Politika merilis hasil survei elektabilitas dua capres yang bertarung di Pilpres 2019 ini. Hasil survei menunjukkan pasangan Joko Widodo-KH Ma’ruf Amin sukses mengungguli duet Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Survei dilakukan pada 22 Desember 2018 hingga 2 Januari 2019 dengan total 2 ribu responden dari 34 provinsi yang dipilih. Hasilnya adalah sebanyak 53,2% memilih pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin, sementara pasangan Prabowo-Sandiaga mendapatkan 34,1%.

Selain itu, Direktur Eksekutif Charta Politika, Yunarto Wijaya, juga menjelaskan mengenai survei dengan tingkat kemantapan memilih sebagai indikator utamanya. Hasil yang didapat menempatkan paslon nomor urut 01 sebagai pasangan yang paling mantap untuk dipilih dengan raihan 80,9%. Sementara 79,6% mantap memilih paslon nomor urut 02.

“Pak Prabowo masih unggul di Sumatera, DKI, dan Banten. Lumbung suara Pak Jokowi di Jateng dan Jatim,” tukas Yunarto seperti dikutip dari Detik.com, Rabu (16/1/2019).

“Jabar akan jadi daerah tempur karena tarik menarik. Kemudian Kalimantan Pak Jokowi masih unggul. Papua juga masih unggul Pak Jokowi,” tambahnya.

Apa Reaksi Kamu?