(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Hati-hati! Keseringan Pake Obat Nyamuk, Bahaya Buat Kesehatan

Cindy
Cindy

Hati-hati! Keseringan Pake Obat Nyamuk, Bahaya Buat Kesehatan Foto:Ilustrasi

WinNetNews.com-  Siapa disini yang pernah menggunakan obat nyamuk sebagai teman tidur alias pengusir nyamuk. Dikutip dari berbagai sumber yang ada, secara kimia obat nyamuk adalah insektisida yang hanya boleh dipakai jika terpaksa, tapi pada umumnya, obat nyamuk sering digunakan secara berlebihan. 

Seperti namanya, obat anti-nyamuk (yang dalam bahasa sehari-hari disebut obat nyamuk), dibuat untuk dikontakkan pada nyamuk, bukan manusia.

Kandungan bahan aktifnya termasuk golongan insektisida, senyawa kimia pembasmi serangga. Senyawa-senyawa ini merupakan bahan asing yang tidak semestinya masuk ke dalam tubuh manusia.

"Pemakaian insektisida adalah pilihan kritis bagi umat manusia," kata Dr. rer. nat. Budiawan, dari Pusat Kajian Risiko dan Keselamatan Lingkungan, Fakultas MIPA, Universitas Indonesia.


Sementara itu, efek buruk dari keseringan pemakaian obat nyamuk adalah dari gangguan saraf,fungsi liver dan ginjal,gangguan pernapasan. 

Contoh paling gampang adalah diklorvos dan propoksur. Dua insektisida ini pernah dipakai sebagai bahan aktif obat anti-nyamuk. Produknya terkenal ampuh dan relatif lebih murah dibandingkan dengan produk sejenis.

Tapi karena berbahaya bagi manusia, bahan ini kemudian dilarang dipakai sebagai obat anti-nyamuk. Karena tidak ada yang benar-benar aman, satu-satunya yang bisa kita lakukan adalah mencegah bahaya tersebut. Caranya gampang dengan tidak melakukan kontak langsung dengan obat nyamuk. Jangan didekatkan di kepala. 


Supaya asapnya gak dihirup, baiknya obat nyamuk ditaruh di tempat yang jauh dari kepala, misalnya saja di dekat kaki. Dengan begitu, kalaupun terhirup, asapnya sudah lebih dulu berdifusi dan diencerkan oleh udara di dalam ruangan.

Selain itu, obat anti-nyamuk bakar disarankan hanya dipakai di dalam ruangan yang punya ventilasi cukup dan memungkinkan adanya sirkulasi udara. Tidak boleh dipakai di ruangan tertutup.

Apa Reaksi Kamu?

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});