(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Hati-Hati ! Amnesia Digital Mengancam Anda

Rani
Rani

Hati-Hati ! Amnesia Digital Mengancam Anda

Jakarta, WinGamers - Pertumbuhan teknologi gadget yang semakin cepat membawa dampak di segala bidang. Semakin hari kehidupan manusia semakin dimudahkan dengan adanya gadget. Semua terasa mudah dengan adanya Gadget. Mulai dari pesan makanan, berbelanja, memesan ojek, belajar, bermain, dan lain sebagainya.

Namun di balik manfaat positif dan kemudahan yang diberikan oleh gadget, ternyata ada dampak negatif dari sebuah gadget. Dengan ukurannya yang terbilang kecil, membuat gadget menjadi sebuah benda yang mudah dibawa kemana-mana. Seolah-olah Gadget adalah sebuah barang yang tidak terpisahkan dari pemiliknya.

Secara tidak sadar saat ini manusia sudah mengalami ketergantungan dengan gadget, dan itusudah menjadi salah satu dampak negatif adanya gadget. Terbayangkah ketika Anda harus berpisah satu hari dengan gadget? Pasti perasaan yang Anda rasakan adalah hampa, bahkan minder, atau iri, seolah ada gap antara Anda dengan orang-orang di sekeliling Anda.

Sejalan dengan itu, dampak lain yang terkadang disepelekan oleh pengguna gadget adalah munculnya "Amnesi Digital". Menurut para peneliti, akibat pertumbuhan teknologi, "Amnesia Digital" menjadi penyakit yang tak bisa dielakan, perangkat digital seperti gadget sangat mempengaruhi cara seseorang dalam mengingat. Para peneliti mendefinisikan kecanggihan teknologi termasuk mesin pengumpul informasi sebagai perpanjangan otak mereka.

Seorang ahli dari Kaspersky Lab Kate Kochetkova menyebutkan, ketika kita terbiasa menyimpan informasi di memori eksternal (telepon, Gadget, dan lain-lain), artinya sama saja kita mendorong pikiran kita sendiri untuk menghapus informasi tersebut.

Sebelum ada ponsel/gadget manusia terbiasa untuk menyimpan nomor telepon dan catatan-catatan penting lainnya di memori otak kita. Namun lain hal nya dengan apa yang terjadi saat ini. Begitupun dengan ilmu pengetahuan, Kehadiran internet membuat segalanya tampak menjadi mudah. Cukup mencari dalam mesin pencari Google, maka manusia dengan mudah menemukan segala jenis informasi yang dibutuhkan, tanpa perlu bersusah payah seperti manusia-manusia di masa lalu.

Para ilmuwan mengatakan otak manusia memiliki batas kapaitas dalam hal menulis ulang data yang tak relevan dengan fakta-fakta dan kenangan. Selama penelitian, lebih dari setengah orang dewasa di Eropa tak bisa mengingat nomor telepon kantor. Mereka juga tak bisa mengingat nomor telepon anak-anak tanpa melihat ke ponsel. Bahkan, sekitar sepertiga responden tak bisa mengingat nomor pasangan mereka.

Hasil penelitian juga menunjukan 91 orang dewasa asala Amerika mengakui ketergantungan mereka pada internet dan perangkat digital. Selain itu, sekitar 79,5 persen orang dewasa asal Eropa yang disurvei mengakui menggunakan internet sebagai buku refrensi universal.

Sebagian besar responden bernggapan bahwa semua informasi yang sebelumnya harus dihafal, sekarang bisa disimpan hanya dengan beberapa klik. Sementara itu, 61 persen responden lainnya mengatakan bahwa mereka membutuhkan jawaban dengan cepat dan tak memiliki cukup banyakl waktu untuk mencari informasi tersebut di perpustakaan.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});