Hati-hati! Bahan Makanan Ini Mematikan

Hati-hati! Bahan Makanan Ini Mematikan

Selasa, 19 Jan 2016 | 14:39 | Nadia Chevina
WinNetNews.com - Waspada dengan makanan yang Anda konsumsi. Meski terlihat aman, beberapa makanan punya resiko mematikan jika dikonsumsi dengan salah. Oleh karenanya, kenali dan tandai makanan yang mematikan agar Anda tak mengonsumsinya.

1. Kentang

Glycoalkaloid adalah zat berbahaya yang ditemukan di daun, batang dan juga tunas kentang. Ini sebabnya jangan pernah menyimpan kentang terlalu lama, apalagi dalam suhu panas dan cahaya yang terang. Jika glycoalkaloid masuk ke dalam tubuh maka akan menyebabkan kram, diare, sakit kepala, koma hingga kematian. Jika zat ini masuk ke dalam tubuh setidaknya 3 hingga 6 mg per kilogram berat badan maka bisa berakibat sangat fatal. Oleh karenanya hindari kentang yang sudah tumbuh tunas atau sudah berwarna kehijauan.

2. Biji buah

Jangan salah, beberapa biji buah punya resiko mematikan. Meskipun biji buah terletak sangat dekat dengan daging buah tetapi jangan pernah mencoba memakannya. Biji apel, cherry, mangga, peach dan aprikot adalah beberapa buah yang bijinya tergolong berbahaya. Lubang yang terdapat pada biji buah mengandung hydrogen sianida yang tak lain bersifat sebagai racun.

3. Biji pala

Pala punya zat halusinogen, yakni jenis NAPZA yang dapat menimbulkan efek halusinasi. Tetapi jika digunakan dalam jumlah yang disarankan maka pala masih bersifat aman. Banyak juga olahan makanan yang diolah menggunakan bahan tambahan pala. Konsumsi pala dengan jumlah 0,2 oz atau sekira 6 gr dapat menyebabkan kejang-kejang. Makan sebutir utuh biji pala akan menyebabkan ‘pala psikosis’ yang berefek pada rasa sakit yang teramat.

4. Almond

Ada dua jenis almond yakni yang memiliki rasa manis dan almond yang memiliki rasa pahit. Almond yang pahit ini memiliki kandungan hydrogen sianida yang cukup tinggi. Dikatakan, makan almond 7 hingga 10 biji almond pahit mentah akan menyebabkan masalah untuk orang dewasa dan akan berakibat fatal jika dikonsumsi anak-anak.

Dilansir dari okezone 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...