Hati-Hati, Diabetes Bisa Sebabkan Kebutaan
ilustrasi

Hati-Hati, Diabetes Bisa Sebabkan Kebutaan

Jumat, 14 Feb 2020 | 09:16 | Rusmanto
Winnetnews.com - Edema makula diabetik, atau dikenal pula sebagai diabetic macular edema (DME), adalah komplikasi diabetes yang ditandai dengan menumpuknya cairan pada makula. Makula merupakan bagian mata yang berperan penting dalam proses penglihatan. Tanpa penanganan yang tepat, komplikasi ini dapat mengakibatkan kebutaan.

Bagaimana edema makula diabetik bisa terjadi?

image0

Pada bagian belakang mata Anda, terdapat lapisan jaringan yang disebut retina. Fungsi retina adalah menangkap cahaya, mengubahnya menjadi sinyal, lalu meneruskannya menuju otak. Otak kemudian menerjemahkan sinyal tersebut menjadi gambar.

Makula adalah salah satu bagian dari retina. Hampir seluruh fungsi penglihatan utama terpusat di makula, sebab sel fotoreseptor yang menangkap cahaya terkumpul di sini. Sementara itu, area retina yang lain lebih banyak berfungsi dalam penglihatan samping.

Retina dan makula dipenuhi oleh pembuluh darah yang kecil dan rapuh. Pada penderita diabetes, gula darah yang tinggi bisa menyebabkan perbedaan konsentrasi antara cairan di dalam dan di luar pembuluh darah. Hal tersebut kemudian mengakibatkan cairan keluar dari pembuluh darah.

Kondisi ini dikenal sebagai retinopati diabetik. Bila tidak ditangani dengan baik, cairan dari pembuluh darah akan menumpuk pada retina. Penumpukan cairan lama-kelamaan mengganggu fungsi makula, dan inilah yang disebut sebagai edema makula diabetik.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...