Hati-hati! Ini Nih 10 Kondisi Kulit yang Menjadi Tanda Diabetes
Ilustrasi tes gula darah ( Photo Hellosehat.com )

Hati-hati! Ini Nih 10 Kondisi Kulit yang Menjadi Tanda Diabetes

Sabtu, 29 Feb 2020 | 11:34 | Muchdi

Winnetnews.com -  Diabetes dapat memengaruhi banyak bagian tubuh Anda, termasuk kulit. Beberapa kondisi pada kulit menjadi tanda bahwa kadar gula darah Anda terlalu tinggi.

Beberapa kondisi kulit tertentu bisa menandakan bahwa Anda sedang mamasuki fase pra-diabetes. Selain itu, kondisi kulit juga menandakan bahwa perawatan diabetes yang sedang dijalani kurang sesuai.

Berikut beberapa tanda diabetes pada kulit, mengutip situs American Academy of Dermatology.

1. Bercak kuning, kemerahan, atau cokelat

Bercak ini umumnya diiringi dengan rasa gatal dan menyakitkan. Pada bagian kulit tersebut, Anda juga bisa melihat pembuluh darah dengan jelas. Kondisi ini dinamai necrobiosis lipodica.

Kondisi kulit ini umumnya dimulai dengan benjolan padat kecil yang tampak seperti jerawat. Seiring perkembangannya, benjolan berubah jadi bercak kulit yang membengkak dan keras. Bercak bisa berwarna kuning, kemerahan, atau cokelat.

2. Area kulit lebih gelap

Munculnya area kulit yang lebih gelap juga menjadi pertanda diabetes. Area gelap ini umumnya muncul di bagian belakang leher, ketiak, dan selangkangan.

Area gelap pada kulit ini kerap menjadi tanda pradiabetes. Kondisi ini dikenal dengan istilah acanthosis nigricans.

3. Kulit keras dan menebal

Kulit yang keras dan menebal dikenal dengan istilah sklerosis digital. Kondisi ini umumnya terjadi pada jari tangan, kaki, atau keduanya.

Pada bagian tangan, Anda akan melihat kulit yang lebih keras di punggung tangan Anda. Jari-jari bisa menjadi kaku dan sulit untuk digerakkan.

Kulit yang keras dan tebal ini dapat menyebar. Mulanya muncul di lengan, kemudian menyebar ke wajah, bahu, hingga dada.

Dalam kasus yang jarang terjadi, kulit di atas lutut, pergelangan kaki, atau siku juga ikut menebal. Hal ini membuat Anda kesulitan untuk meluruskan kaki atau menekuk lengan. Kulit yang menebal kerap muncul dengan tekstur serupa kulit jeruk.

Masalah kulit ini umumnya berkembang pada orang yang memiliki komplikasi akibat diabetes.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...