Hati-Hati! Kerja Lembur Ternyata Dapat Sebabkan Seabrek Gangguan Fisik dan Mental

Amalia Purnama Sari
Amalia Purnama Sari

Hati-Hati! Kerja Lembur Ternyata Dapat Sebabkan Seabrek Gangguan Fisik dan Mental Ilustrasi: Medium
Winnetnews.com - Bekerja idealnya dilakukan selama 7-8 jam perhari atau sekitar 40 jam selama seminggu. Namun tidak sedikit orang yang akhirnya bekerja di atas 8 jam untuk bisa menyelesaikan pekerjaannya tepat waktu. Banyak juga orang yang rela bekerja di atas batas wajar untuk bisa mendapatkan uang tambahan.

Kerja lembur merupakan istilah dalam dunia pekerjaan yang sudah dianggap lumrah oleh banyak orang. Namun kerja lembur yang dilakukan secara terus-menerus tentu bisa memunculkan beberapa masalah kesehatan. Pekerjaan lembur yang terlalu sering juga dapat memicu munculnya depresi.

Dilansir dari Reuters, kerja lembur yang dilakukan secara berlebihan ternyata dapat memicu beragam masalah kesehatan bagi tubuh. Tidak hanya menimbulkan masalah kesehatan fisik, kerja lembur juga cenderung menuntut otak untuk bekerja lebih keras sehingga menimbulkan masalah depresi.

Para peneliti menemukan jika kerja lembur, apalagi kerja yang dilakukan di akhir pekan, bisa meningkatkan risiko masalah kesehatan jantung. Kerja lembur juga bisa meningkatkan risiko kecelakaan kerja dan membuat seseorang rentan terjangkit stres hingga berujung depresi.

Para ahli ini menjelaskan jika bekerja selama 11 jam atau lebih setiap harinya bisa meningkatkan resiko depresi dua kali lipat lebih besar jika dibandingkan mereka yang bekerja selama 7 sampai 8 jam. Orang-orang yang terbiasa kerja lembur juga akan rentan terkena gangguan tidur dan akan berujung pada risiko kecemasan, ketakutan berlebihan, dan perasaan berdebar-debar.

Penelitian lain menyebutkan jika orang yang terbiasa kerja lembur akan mungkin berisiko menderita diabetes dan kanker. Hal ini akan diperparah jika kerja lembur tidak diimbangi dengan penerapan pola hidup dan pola makan yang sehat.

Meski kerja lembur berpotensi untuk memicu banyak penyakit fisik dan mental, namun bukan berarti kamu tidak boleh mengambil kerja lembur sama sekali. Kerja lembur tetap bisa dilakukan asalkan selalu ingat untuk menjaga kesehatan dan pola hidup sehat agar tubuh dan pikiran tidak terlalu terbebani.

Apa Reaksi Kamu?