(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Hati-hati! Malas Gosok Gigi Sebelum Tidur, Dampaknya Sangat Serius Loh

Muchdi
Muchdi

Hati-hati! Malas Gosok Gigi Sebelum Tidur, Dampaknya Sangat Serius Loh ilustrasi sikat gigi ( photo Istimewa )

WinNetNews.com -  Saat kecil pasti kita selalu diperingati oleh dokter ataupun orang tua kita untuk menyikat gigi sebelum tidur. Tapi apakah kita mengikuti prosedurnya dengan baik?

Sikat gigi sebelum tidur kerap dianggap sepele, dianggap tidak seberapa penting dibandingkan gosok gigi di pagi hari. Padahal gosok gigi di malam hari itu penting banget lho.

Ketika kita tidak menggosok gigi pada malam hari, bakteri yang berada di dalam mulut akan menikmati sisa makanan yang ada di gigi. Bakteri ini kemudian mengeluarkan cairan yang sangat asam sehingga dapat merusak enamel gigi yang akan mengarah pada gigi berlubang, hingga sakit gigi.

Plak akan mengeras di gigi kamu. Kondisi tersebut akan semakin memburuk karena plak yang terkalsifikasi tidak mungkin dihilangkan dengan sikat gigi atau benang.

Plak tersebut dapat menyebabkan bau mulut, infeksi gusi, pendarahan gusi, dan gusi yang bengkak. Jika tidak diimbangi dengan menyikat gigi pada malam hari plak tumbuh menjadi dewasa tanpa gangguan dalam semalam, menyebabkan kolonisasi bakteri penghasil asam.

Dikutip dari situs  detikHealth, Jakarta, Minggu (13/1/2019), berikut alasan kenapa harus menyikat gigi sebelum tidur.

1. Mengurangi penumpukan asam mulut

Mulut akan terus membangun asam, air liur di mulut menetralkan asam dengan kalsium yang ada di dalamnya. Tetapi pada malam hari, karena produksi air liur rendah, asam akan terkumulasi.

Dengan menyikat gigi, memastikan bahwa sekresi saliva tidak turun oleh fluoride yang dalam pasta gigi, dan akan mencegah gigi kamu terkorosi atau gigi menjadi terkisis.

2. Mengurangi multiplikasi bakteri air liur

Menjaga sekresi air liur kamu agar dipertahankan dengan menyikat gigi sebelum tidur sangat penting. Sebab, ketika tubuh tidak cukup memproduski air liur, mulut akan kering dan menimbulkan rasa tidak nyaman.

3. Mengurangi pembusukan partikel

Partikel yang tersisa di dalam mulut pasti akan membusuk semalaman. Cara terbaik untuk menghilangkan bakteri tersebut agar mulut tetap bersih dan mencegah partikel makanan busuk ialah menyikat gigi sebelum tidur secara rutin.

Apa Reaksi Kamu?

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});