Hati-hati Mandi Dengan Sabun Antiseptik, Ini Bahayanya
ilustrasi

Hati-hati Mandi Dengan Sabun Antiseptik, Ini Bahayanya

Minggu, 7 Jul 2019 | 13:09 | Rusmanto
Winnetnews.com - Banyak orang memakai sabun antibakteri dan antiseptik untuk mandi karena dianggap lebih bersih dan mampu mengusir kuman yang menempel di kulit. Akan tetapi, tahukah Anda bahwa ada bahaya mengintai dari pemakaian sabun antiseptik untuk mandi?

Sabun antiseptik dapat membuat bakteri kebal

image0

Sabun antibakteri dan antiseptik meng-klaim mampu menghilangkan bakteri yang menempel. Hal tersebut, bisa jadi benar. Akan tetapi, penggunaan sabun antiseptik yang terlalu sering justru dapat membuat bakteri menjadi kebal dan lebih sulit untuk dihilangkan.

Orang yang memiliki keluhan penyakit kulit, seperti dermatitis atopik juga sebaiknya menghindari penggunaan sabun antiseptik untuk mandi. Hal ini disebabkan penggunaan sabun antiseptik cenderung mengiritasi sehingga membuat kulit semakin kering.

Bahaya penggunaan sabun antiseptik untuk mandi

Selain membuat bakteri kebal, terdapat pula beberapa bahaya lain yang muncul pada kulit akibat pemakaian sabun antiseptik untuk mandi.

Adanya kandungan triclosan pada sabun antiseptik dan antibakteri membuat keduanya berbeda dari sabun biasa. Kandungan inilah yang justru bisa menimbulkan masalah pada kulit.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...