Hati-hati, Olahraga Seperti Ini Malah Bikin Kamu Cepat Tua

Oky
Oky

Hati-hati, Olahraga Seperti Ini Malah Bikin Kamu Cepat Tua

Winnetnews.com - Demi mendapatkan penampilan yang awet muda, orang berupaya menghindari stres, mengonsumsi makanan berkolagen, dan rajin merawat kulit. Namun, ada cara lain yang tidak bisa dilewatkan begitu saja, yaitu olahraga. Tapi hati-hati, salah teknik dalam olahraga justru bisa membuat Anda terlihat cepat tua.

Menurut dr. Nadia Octavia dari KlikDokter, olahraga dapat melancarkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh, tak terkecuali ke kulit. Aliran darah yang lancar ke sel-sel kulit akan menutrisi sel kulit tersebut dan memberikan asupan oksigen, sehingga kulit terlihat lebih sehat dan menawan.

Meski demikian, ada pula yang mengeluhkan hasil sebaliknya setelah rutin berolahraga. Bukannya makin awet muda, penampilannya justru cenderung menua. Nah, dilansir dari Reader’s Digest, rupanya hal tersebut bisa disebabkan oleh berbagai kesalahan saat olahraga berikut ini:

1. Hanya fokus pada olahraga kardio

Banyak orang dewasa yang mengutamakan olahraga kardio dan mengabaikan olahraga angkat beban. Padahal, menurut seorang ahli diet Tiffany Dewitt, melakukan latihan angkat beban yang bisa memperkencang dan memperkuat otot, sehingga bisa memberikan efek positif terhadap penampilan Anda.

“Sudah terbukti bahwa latihan angkat beban dapat membantu Anda mempertahankan kekuatan otot. Nah, otot yang kuat akan membuat Anda terlihat lebih muda.” ucapnya. Lagi pula, latihan angkat beban juga dapat mencegah penurunan elastisitas otot karena faktor usia.

2. Tidak mengendalikan stres dan amarah

Olahraga memang bisa membebaskan Anda dari stres. Tetapi jika Anda terus mengandalkan olahraga dalam keadaan tertekan, efek awet muda yang diharapkan tidak akan maksimal.

Jadi, sebelum berlari di treadmill atau mulai mengangkat beban, cobalah lakukan meditasi atau yoga yang mengutamakan latihan pernapasan untuk menstabilkan emosi Anda.

3. Gila olahraga sampai lupa istirahat

Dikutip dari Reader’s Digest, Jav Asaro, seorang ahli terapi olahraga dan rehabilitasi mengatakan kepada WebMD, bahwa melakukan olahraga secara intens dan berkepanjangan hingga kurang istirahat akan mengganggu produksi kortisol di dalam darah. Hal ini dapat menimbulkan gangguan pada insulin dan meningkatkan kadar gula darah.

“Gula tersebut diproses oleh tubuh dan berakhir sebagai glycation advanced yang akan mengikat serat-serat kolagen, sehingga bisa menurunkan elastisitas kulit dan penuaan dini.” Jav Asaro menekankan.

4. Tidak memperhatikan postur tubuh saat berolahraga

Terkadang, saking asyiknya dan seringnya berolahraga, Anda menjadi abai dengan postur tubuh saat mempraktikkan suatu gerakan. Padahal, terus-menerus mengabaikan postur tubuh saat berolahraga dapat membuat punggung menjadi bungkuk dan membuat penampilan Anda menjadi tua.

Jika sudah telanjur demikian, tenang saja, Anda masih bisa memperbaikinya, kok. Asalkan, sementara waktu sampai postur tubuh kembali normal, Anda ditemani oleh personal trainer untuk mengingatkan Anda dalam menjaga postur tubuh selama berolahraga. Atau, bisa juga Anda mengikuti olahraga pilates yang sangat berkaitan dengan body alignment.

5. Melakukan gerakan dengan lambat dan lemas

Gerakan yang lambat dan lemas sangat identik dengan gerakan orang tua. Jadi, usahakan untuk melakukan gerakan yang tajam, cepat, dan aktif selama berolahraga.

Lakukanlah berbagai macam kegiatan olahraga (tidak hanya satu jenis), misalnya jenis olahraga dengan lompatan eksplosif atau lari cepat untuk membangun kekuatan otot dan meningkatkan respons fisik Anda.

Selain melakukan berbagai hal di atas, perbanyaklah konsumsi minuman dan makanan yang kaya akan kolagen, vitamin E, vitamin C, dan antioksidan. Asupan ini dapat membantu Anda menyeimbangkan olahraga demi mendapatkan penampilan yang selalu segar dan awet muda.

Kini Anda telah mengetahui bahwa untuk menjadi awet muda, olahraga harus dilakukan dengan cara yang tepat. Bila tidak, bukannya menjadi awet muda, Anda justru menjadi terlihat cepat tua. Ikutilah saran-saran di atas untuk menghindarinya.

 

 

Penulis : Oky Alexander Weni
Editor : Baiq Fevy Shofya Wahyulana

Apa Reaksi Kamu?