Hati-hati! Salah Pilih Yogurt Malah Bikin Kamu Gendut
Foto: News.com.au

Hati-hati! Salah Pilih Yogurt Malah Bikin Kamu Gendut

Jumat, 28 Apr 2017 | 15:07 | Fellyanda Suci Agiesta

WinNetNews.com - Yogurt sebagai makanan yang dipercaya bisa melancarkan buang air besar, sekaligus bermanfaat bagi perut bagi kamu yang sedang diet. Tapi kebanyakan kita menemukan yogurt yang memiliki kelebihan gula. Ini yang membuat yogurt bikin tubuh kita menjadi gemuk.

Penelitian yang dilakukan oleh Heart Foundation Victoria dan Cancer Council Victoria telah menemukan mayoritas dari hampir 200 yoghurt yang memiliki rasa yang disurvei mengandung lebih dari tiga sendok teh gula per 100g.

Beberapa yoghurt mengandung 7,5 sendok teh gula hanya dalam satu bak 160g kecil, atau 4,5 sendok teh gula per 100g, hampir sama dengan banyak gula pada es krim.

"Yogurt adalah makanan pencuci mulut yang tidak menyamar, bukan makanan ringan yang sehat", kata Dietitian Alison McAleese dari Program LiveLighter .

"Penelitian kami menemukan bahwa beberapa produsen mengubah yoghurt, yang biasanya merupakan makanan sehat, menjadi makanan penutup dengan menambahkan sejumlah gula atau krim berlebih," kata Ms McAleese.

"Yoghurt bisa menjadi sumber kalsium dan protein yang hebat, namun konsumen harus selalu memperhatikan gula yang tersembunyi," kata CEO Heart Foundation Victoria Kellie Ann Jolly.

"Reduced-fat Greek, yogurt natural yang paling baik karena memiliki sedikit gula dan lemak jenuh daripada yogurt dengan rasa bervariasi," kata Ms Jolly.

Agar kamu gak terjebak, inilah tips memilih yogurt yang benar:

1. Pilih produk rendah lemak dengan kadar gula yang kurang dari 12g per 100g

2. Tambahkan buah, kacang atau biji agar memiliki rasa pada yoghurt polos

3. Hindari yoghurt dengan bahan krim

4. Yoghurt kelapa sangat tinggi lemak dan rendah kalsium

5. Jangan mengandalkan label, baca informasi nutrisinya!

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...