Hati-hati, Virus Zika Sudah Sampai Indonesia!

Hati-hati, Virus Zika Sudah Sampai Indonesia!

Senin, 25 Jan 2016 | 14:15 | Nadia Chevina
WinNetNews.com - Epidemi virus Zika yang sedang terjadi di Amerika Latin, terutama Brasil dan Kolombia, perlu diwaspadai. Virus yang menyebar lewat nyamuk ini bisa sampai ke benua Eropa dan Asia, tak terkecuali daerah tropis seperti Indonesia.

“Tahun lalu, lembaga Eijkman Jakarta telah berhasil mengisolasi virus Zika ini di Indonesia. Bahkan dari hasil penulusuran saya di kepustakaan, ternyata pada 1981, peneliti Australia telah melaporkan pasien penderita virus Zika setelah bepergian ke Indonesia,” kata Dr Ari Fahrial Syam, Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) Jaya.

Baca juga: Brazil Cegah Penyebaran Virus Zika dengan Nyamuk Mutan

Ia mencatat bahwa laporan-laporan tentang penularan kasus ini dari Indonesia terus berlanjut. Peneliti Australia, dalam American Journal Tropical Medicine and Hygiene, melaporkan kembali penemuan satu kasus infeksi virus Zika pada seseorang warga negara Australia setelah melakukan perjalanan selama sembilan hari ke Jakarta di 2013.

“Dari laporan beberapa kasus terdahulu dan adanya penemuan virus ini tahun lalu oleh lembaga Eijkman, jelas bahwa virus Zika juga sudah ada di Indonesia. Memang virus Zika ini dapat terjangkit di musim hujan seperti saat ini,” tulis praktisi klinis.

Baca juga: Waspadai 2 Penyakit Berbahaya ini Tersebar Melalui Nyamuk!

Ia mengharapkan agar masyarakat Indonesia tetap mewaspadai kemungkinan terinfeksi virus Zika ini, mengingat laporan-laporan yang ada selama ini infeksi ini pernah ditemui di Indonesia. Kebetulan lainnya, vektor pembawa penyakit virus ini adalah nyamuk Aedes Aegypti, yang membawa penyakit infeksi demam berdarah dan Chikungunya.

“Terpenting adalah mengenali gejalanya, yaitu demam tinggi mendadak, nyeri sendi atau otot, disertai kemerahan di kulit atau rash di badan punggung dan kaki, serta mata merah akibat konjungtivitis. Saat ini memang vaksin untuk virus ini belum ada,” tutupnya. 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...