Hayooo! Punya Marga yang Sama Song Joong Ki dan Song Hye Kyo Dilarang Menikah?

Cindy Cesilia

Dipublikasikan 5 tahun yang lalu • Bacaan 1 Menit

Hayooo!  Punya Marga yang Sama Song Joong Ki dan Song Hye Kyo Dilarang Menikah?
Foto:Istimewa

WinNetNews.com - Kabar pernikahan antara Song Joong Ki dan Song Hye Kyo sepertinya masih menarik perhatian banyak orang. Pernikahan keduanya akan berlangsung Oktober tahun ini di Korea Selatan. dikutip dari Koreaboo, belasan tahun lalu, Korsel punya sebuah peraturan yang sempat menjadi permasalahan di negara ginseng tersebut.

Peraturan nama di Korea Selatan perlu menggunakan nama marga. Ada marga Kim, Park, Lee, Song, Choi, dan lain-lain. Marga Korea terbilang cukup sedikit sehingga banyak warga Korea memiliki nama marga yang sama. Seperlima dari seluruh warga Korea saja mempunyai marga Kim, tepatnya 10 juta orang di Korea Selatan.

Marga Kim adalah marga terbesar yang memimpin kerajaan awal di Korea. Saking besarnya, klan yang terbentuk mencapai 282 klan. 17 tahun yang lalu, terdapat sebuah pasal yang melarang warga Korea dengan marga dan klan yang sama untuk saling menikahi. Pasal 809 itu menunjukkan klan regional Kim Gimhae bisa menikahi klan regional Kim Gyeongju, tetapi dilarang untuk menikahi warga sesama Kim Gimhae. Begitu pula dengan marga yang lain.

"Meski mereka ada dalam jumlah yang banyak, mereka sebenarnya tidak benar-benar bersaudara secara genetik. Akan tetapi, dalam praktiknya, orang dengan marga dan klan yang sama tidak saling menikahi satu sama lain," kata Lee Sung Yoon, asisten profesor studi Korea di Universitas Tufts.

Menurut peraturan tersebut, pernikahan dengan marga yang sama saat itu disamakan dengan pernikahan antar saudara. Saat ini, mungkin hanya generasi tua yang masih berpikir bahwa menikahi marga yang sama berarti menikah dengan keluarga sendiri.

Dilansir dari Koreaboo, pada tahun 1990-an, peraturan tersebut sebenarnya masih berlaku. tetapi,peraturan tersebut sempat dicabut sementara sebanyak tiga kali dalam kurun waktu 40 tahun. Dan selama itu pula, sebanyak sekitar 200 ribu pasangan dari klan yang sama berhasil menikah.

Tetapi akhirnya pemerintah Korea Selatan sudah resmi mencabut peraturan tersebut pada tahun 2005 dan pasangan dari klan yang sama sudah bisa menikah secara legal.

Share This Story

RELATED ARTICLE

Loading interface...