Heboh!  Lapisan Es Muncul di Puncak Mahameru  Gunung Semeru
Foto:Istimewa

Heboh! Lapisan Es Muncul di Puncak Mahameru Gunung Semeru

Sabtu, 14 Apr 2018 | 18:29 | Cindy Cesilia

WinNetNews.com- Gunung Semeru di Jawa Timur menjadi viral dikalangan para pendaki dan banyak orang.

Dikutip dari berbagai sumber yang ada, lapisan es langka muncul di Mahameru atau Puncak Gunung Semeru (Mahameru), Jawa Timur. Para pendaki diimbau agar berhati-hati. 

"Imbauan seperti biasa, menjaga selalu kesehatan dan membawa perlengkapan sesuai standard pendakian, serta bila fisik/kesehatan tidak memungkinkan tidak boleh dipaksakan melakukan pendakian," kata Kepala Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru John Kenedie. 

John menjelaskan fenomena lapisan es itu baru pertama kali ditemukan di kawasan puncak Gunung Semeru.

Lapisan es itu diduga muncul akibat cuaca dingin di Puncak Gunung Semeru sekitar - 10°C. 

Lapisan es muncul dengan ketebalan ± 2 cm di Puncak Gunung Semeru. Lapisan itu dapat ditemukan disela-sela bebatuan jalur pendakian menuju puncak Mahameru.

Sementara itu,  Kementerian LHK menyebut peristiwa itu belum pernah dijumpai di kawasan puncak gunung.

Selama ini lapisan es hanya dijumpai di Ranu Kumbolo dan Oro-oro Ombo. Peristiwa ini pun dianggap sebagai kejadian yang unik. Karena tidak biasanya lapisan es muncul di kala musim pancaroba. 

"Selama saya bekerja di TN Bromo Tengger Semeru belum pernah menjumpai fenomena ini, padahal sekarang masih di musim pancaroba, karena kejadian lapisan es biasanya terjadi di musim panas sekitar bulan Agustus," jelas Kepala Resort Ranupane SPTN III BBTN Bromo Tengger Semeru, Agung Siswoyo. 

Gunung Semeru merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa. Ketinggian Puncak Mahameru yang pernah tercatat adalah 3.676 Mdpl. 

image0image1

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...