Helmy Yahya Dipecat, Warganet Sindir TVRI

Helmy Yahya Dipecat, Warganet Sindir TVRI

Jumat, 17 Jan 2020 | 08:29 | Cindy Cesilia

Winnetnews.com -   Nama Helmy Yahya menjadi perbincangan hangat publik Tanah Air karena pemecatan dirinya dari jabatannya sebagai Direktur Utama TVRI  periode 2017-2022. Pemberhentian itu tertuang dalam surat Dewas TVRI No 8/Dewas/TVRI/2020. Surat tersebut diteken Ketua Dewas TVRI Hidayat Thamrin pada Kamis 16/1/2020.

Terdapat beberapa pertimbangan dari Dewas TVRI yang melatarbelakangi keputusan memberhentikan Helmy Yahya. Salah satunya terkait pembelian hak siar Liga Inggris.

"Saudara tidak menjawab atau memberi penjelasan mengenai pembelian program siaran berbiaya besar antara lain Liga Inggris dari pelaksanaan tertib administrasi anggaran TVRI," bunyi poin utama Dewas TVRI dikutip dari Kumparan.com. Kabar pemecatan Helmy Yahya membuat para warganet heran karena kebanyakan dari mereka menyukai perubahan yang dibuat mantan presenter itu.

Bahkan sebagaian netizen menyinggung soal sejumlah penayangan yang dinilai sudah sesuai untuk memajukan industri televisi nasional tersebut, di antaranya Liga Inggris musim 2019-2020 dan siaran langsung badminton BWF di TVRI.

image0

Banyak warganet yang menyayangkan pemberhentian Helmy Yahya dari Direktur Utama TVRI. Padahal menurutnya Helmy Yahya sudah mampu mengubah TVRI ke era yang lebih modern bersaing dengan televisi swasta lain. “Helmy Yahya adalah warga negara Indonesia yang sangat mencintai TVRI” ujar salah satu netizen.  “TVRI udah jauh berevolusi, dari tv isinya berita doang, skrng jauh inovatif. Orang kreatif malah di sikut, gmna mau maju channel negeri sendiri” tambah netizen lainnya.

“Sayang sekali, ditangan beliau TVRI perlahan berubah pardigma dri penyiaran jadul ke lbh modern... sesuatukah hingga hrs di copot dgn perseteruan?” sahut lainnya.

Sebelumnya, Helmy Yahya mengatakan masalah utama TVRI terbagi menjadi tiga hal, yaitu sumber daya manusia, tata kelola keuangan, dan peralatan. Ia pun berusaha menyelesaikan masalah tersebut satu per satu.

Kini, selama dua tahun terakhir menjabat pimpinan, Helmy telah melakukan serangkaian perubahan pada televisi milik pemerintah. Selama menjabat, Helmy Yahya sudah  mengubah citra TVRI mulai dari logo, berhasil membawa Liga Premier, hingga menarik pembaca berita dari kalangan muda. TVRI juga tercatat mendapatkan anugerah televisi ramah anak dari KPI.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...