Heran Indonesia Tak Berangkatkan Haji 2021, MUI: Kenapa AS Bisa?

Anggara Putera Utama

Dipublikasikan setahun yang lalu • Bacaan 1 Menit

Heran Indonesia Tak Berangkatkan Haji 2021, MUI: Kenapa AS Bisa?
Wakil Ketua Umum MUI, Anwar Abbas (Foto: Istimewa)

Winnetnews.com -  Wakil Ketua Umum MUI, Anwar Abbas mengaku heran megapa Indonesia tidak bisa mengirimkan jemaah haji 2021. Padahal, ada negara lain seperti Amerika Serikat yang memiliki kasus aktif Covid-19 lebih tinggi dari Indonesia.

"Agak mengherankan saya mengapa Amerika Serikat bisa mengirim jemaahnya? Padahal negeri tersebut juga dilanda hal yang sama dan juga kalau masalah pandemi ini yang menjadi alasan bukankah dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi bahaya tersebut akan bisa kita minimalisir dengan vaksinasi dan test PCR," kata Anwar, Jumat (4/6).

"Jika para jemaah tersebut sudah divaksin dan hasil tes PCR daripada calon tersebut adalah negatif, maka tentu sebaiknya Pemerintah Saudi akan bisa menerima mereka untuk datang bagi mengerjakan ibadah haji," tambahnya.

Anwar menilai berdasarkan pertimbangan ilmiah, seharusnya jemaah haji Indonesia bisa diberangkatkan karena susdah dipastikan aman dan juga akan mematuhi protokol kesehatan.

"Pemerintah Saudi semestinya selain memperhatikan ketentuan-ketentuan syariah juga perlu memperhatikan ketentuan-ketentuan yang bersifat ilmiah. Karena inti dari hadis nabi tersebut pada prinsipnya adalah bagaimana kita bisa menjaga dan melindungi diri serta jiwa dari masyarakat dan dalam hal ini adalah para calon jemaah haji," tutur Anwar.

"Maka tentu sebaiknya Pemerintah Saudi memperkenankan jemaah haji indonesia untuk datang meskipun untuk amannya jumlah mereka harus dibatasi," ucap Anwar.

Share This Story

RELATED ARTICLE

Loading interface...